Survei CSIS: Anies Curi Suara di Jakarta-Banten, Ganjar Kuasai Jateng

Ira Guslina Sufa
27 Desember 2023, 16:19
Survei Capres
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Survei terbaru yang dirilis Centre for Strategic and International Studies atau CSIS menempatkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka meraih elektabilitas teratas dibanding dua pasangan lain. Ketua Departemen Politik dan Perubahan Sosial CSIS, Arya Fernandes mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden yang diusung Koalisi Indonesia Maju itu mengantongi 43,7% suara jauh di atas dua pasangan lain. 

"Ini adalah hasil survei yang kami lakukan setelah debat pertama antar capres berlangsung," ujar Arya dalam paparan survei, Rabu (27/12). 

Survei dilakukan CSIS dengan metode acak bertingkat atau multistage random sampling pada 13-18 Desember 2023. Adapun debat pertama yang mempertemukan ketiga kandidat capres digelar Komisi Pemilihan Umum pada Selasa (12/12). 

Survei melibatkan 1.300 responden di seluruh Indonesia dengan wawancara tatap muka. Margin of error dalam survei ini adalah 2,7% dengan tingkat kepercayaan 95%.  

Menurut Arya, pada urutan kedua responden lebih banyak memilih pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 26,1%. Sedangkan Ganjar - Mahfud MD meraih suara 19,4%. Meski begitu Ary mengatakan masih ada 10,9% persen pemilih mengambang.

"Dalam survei masih terdapat 6,4% pemilih yang mengaku rahasua dan belum menentukan pilihan. Sedang 4,5% mengaku tidak tahu," ujar Arya. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...