Survei: Kepuasan Publik ke Jokowi 74%, Korupsi Masih Jadi Persoalan

Amelia Yesidora
27 Desember 2023, 18:01
jokowi, survei, csis
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/tom.
Presiden Joko Widodo menunjukkan buah naga yang diberikan oleh warga penerima manfaat Program Tanah Objek Reforma Agraria Perhutanan Sosial (TORA-PS) dalam acara bertajuk Matur Nuwun Pak Jokowi di Ruang Terbuka Hijau Maron, Genteng, Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (27/12/2023).

Survei terbaru Centre for Strategic and International Studies alias CSIS menunjukkan 74% pemilih di Indonesia mengaku puas dengan kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Kepuasan masyarakat terhadap Jokowi terutama mengacu kepada kerja mantan Wali Kota Solo tersebut meningkatkan kesejahteraan dan memberantas kemiskinan.

“Bila diuji pada empat bidang strategis, sebagian besar puas dengan kinerja pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat (69,5%) dan mengurangi angka kemiskinan (53,8%),” tulis laporan tersebut pada Rabu (27/12).

 Di sisi lain, 50,3% pemilih tidak puas dengan upaya pemerintah mengurangi angka korupsi dan kemampuan menjaga stabilitas harga pokok (58,2%).

Berdasarkan tiga paslon, mayoritas pemilih Prabowo dan Ganjar mengaku puas dengan kinerja pemerintahan. Rincinya, 87,3% pemilih Ganjar puas dengan kinerja Jokowi sementara pemilih Prabowo 80,5%. Sementara itu, pemilih Anies terbelah antara 52,2% puas dan 47,8% tidak puas. 

 Angka pemilih Anies-Muhaimin yang tidak puas pada kinerja Jokowi jauh lebih tinggi daripada pemilih Prabowo-Gibran (19,5%) dan Ganjar-Mahfud (12,3%).

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...