Ganjar akan Angkat Isu Alutsista hingga PMI pada Debat Ketiga

Ameidyo Daud Nasution
2 Januari 2024, 15:49
ganjar, debat, alutsista
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/aww.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo memberikan sambutan saat menghadiri deklarasi Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso (Apmiso) dukung Ganjar Pranowo-Mahfud MD di GOR Satria, Semarang, Jawa Tengah, Senin (1/1/2024).
Button AI Summarize

Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo akan mengangkat isu tentang alat utama sistem pertahanan hingga pekerja migran Indonesia (PMI) dalam debat mendatang. Adapun, tema debat pada 7 Januari 2024 adalah pertahanan, keamanan, geopolitik, serta hubungan luar negeri.

Ganjar mengatakan kebutuhan dasar dari tiga matra darat Tentara Nasional Indonesia (TNI) harus dipersiapkan sungguh-sungguh. Selain itu, mantan Gubernur Jawa Tengah itu berjanji menyiapkan transisi persenjataan.

"Transisinya jangan kejauhan, karena peralatan alutsista semakin hari semakin modern," katanya di Demak, Jawa Tengah, Selasa (2/1) dikutip dari Antara.

Ganjar juga akan mengangkat kemampuan industri pertahanan dalam negeri. Menurutnya, Indonesia saat ini sudah mampu memproduksi alutsista.

"Tapi dari sisi politik luar negeri, memang ada yang kepentingannya langsung terkait kondisi nasional kita," katanya.

Ia juga menekankan nasib pekerja migran di luar negeri yang relatif masih belum terurus. Ganjar juga akan mengangkat isu perbatasan hingga organisasi internasional.

"Masalah besar kita di luar negeri adalah pekerja migran, ini yang penting," katanya.

Ganjar akan beradu gagasan dengan Anies Baswedan dan Prabowo Subianto pada debat akhir pekan mendatang. Sebelumnya mereka sudah bertemu dalam debat pertama untuk isu politik, hukum dan pemerintahan yang berlangsung pada Selasa (22/12).

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...