Rizal Ramli Meninggal Dunia di Usia 69 Tahun

Agustiyanti
2 Januari 2024, 20:59
rizal ramli meninggal dunia, rizal ramli
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli meninggal dunia di usia 69 tahun.
Button AI Summarize

Mantan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli meninggal dunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo pada Selasa (2/1). Ia berpulang di usia 69 tahun. 

"Innalillahi wa inna ilaihi rojiun. Telah berpulang, bapak/kakek/mertua kami, Rizal Ramli pada tanggal 2 Januari 2024 pukul 19.30 WIB di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo," demikian pesan singkat yang diperoleh Katadata.co.id, Selasa (2/1). 

Rizal Ramli pernah mengisi sejumlah posisi di pemerintah. Ia pernah menjadi Kepala Perum Bulog pada tahun 2000 saat era Presiden Abdurrahman Wahid, hingga menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian dan Menteri Keuangan di era presiden yang sama. 

Pria yang lahir di Padang, Sumatera Barat pada 10 Desember 1954 ini juga sempat menjabat sebagai menteri koordinator bidang kemaritiman di awal Presiden Joko Widodo menjabat. 

Rizal Ramli adalah seorang mantan tokoh pergerakan mahasiswa, ahli ekonomi dan politisi Indonesia. Di tingkat internasional, ia juga pernah dipercaya sebagai anggota tim panel penasehat ekonomi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) bersama beberapa tokoh ekonom dari berbagai negara lainnya. 

Lulusan S1 Teknik Fisika ITB dan Doktor Ekonomi Boston Universitu ini bahkan pernah menolak jabatan internasional sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Economic & Social Commission of Asia and Pacific (ESCAP) yang ditawarkan PBB pada November 2013.  Ia saat itu mengaku ingin fokus mengabdi pada negara dan bangsa Indonesia, 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...