KPU soal Surat Suara Simulasi Hanya Dua Paslon: Terjadi Human Error

Ade Rosman
3 Januari 2024, 19:21
KPU, surat suara, pilpres 2024
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi/tom.
Petugas menyusun kardus berisi surat suara Pemilihan Legislatif (Pileg) DPRD Provinsi Sumatera Selatan di gudang KPU Palembang, Selasa (2/1/2024). Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Palembang telah menerima logistik Pileg DPRD Provinsi Sumatera Selatan dan DPR-RI dari KPU RI masing-masing sebanyak 2.200 koli atau 1.100.000 surat suara dari total 1.252.462 surat suara sedangkan surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPD-RI sebanyak 1.252.462 surat suara.
Button AI Summarize

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyebutm adanya kelalaian yang menyebabkan contoh surat suara hanya terdiri dari dua pasangan calon. Ketua Divisi Teknis KPU RI Idham Holik mengatakan, kelalaian itu terjadi tanpa disengaja dan tak ada motif apapun.

"Terkait hal tersebut itu terjadi human error yang tidak disengaja, tidak ada motif lainnya kecuali memang kekhilafan yang terjadi," kata Idham kepada wartawan, Rabu (3/1).

Idham mengatakan, KPU pusat telah meminta KPU daerah untuk menghentikan kegiatan simulasi yang menggunakan surat suara dua pasang calon tersebut saat  mengetahui kabar tersebut. KPU juga menginstruksikan untuk melalukan simulasi kembali dengan surat suara tiga pasangan calon

"Pada 29 Desember 2023, saya sudah minta kepada seluruh KPU di daerah agar tidak menggunakan dummy surat suara tersebut," kata Idham.

Liasion Officer (LO) PDIP Solo, YF Sukasno mengetahui adanya kekeliruan itu usai meminta contoh surat suara dalam simulasi. Ia berpendapat, seharusnya surat suara dalam simulasi dibuat persis dengan yang sebenarnya yakni tiga kolom pasangan capres dan cawapres.

Desain surat suara telah disepakati oleh ketiga paslon pada November 2023. Pada desain surat suara yang disepakati, terdapat foto tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pilpres 2024. Pasangan calon nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dalam surat suara tersebut menggunakan jas berwarna hitam dengan kemeja putih di bagian dalam.

Pasangan calon nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, terlihat mengenakan kemeja dengan warna biru yang sama. Sedangkan foto pasangan calon nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, dalam surat suara tersebut tampak berbeda daripada dua paslon lain. Ganjar dan Mahfud tampak memakai kemeja dengan warna berbeda. Ganjar menggunakan kemeja berwarna hitam, sedangkan Mahfud berwarna putih.

Reporter: Ade Rosman
Editor: Agustiyanti

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...