Kompak Jadi Caleg, Ini Profil Singkat Hary Tanoe dan Keluarganya

Image title
Oleh Risma Kholiq
5 Januari 2024, 14:31
Hary Tanoe
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Ilustrasi, Ketua Umum Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Hary Tanoesoedibjo (kanan) berjalan menuju mobilnya seusai mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Minggu (14/5/2023). Partai Perindo mendaftarkan 580 bacaleg Pemilu 2024 ke KPU.
Button AI Summarize

Hary Tanoesoedibjo, Ketua Umum Partai Perindo, beserta anggota keluarganya mendaftarkan diri sebagai calon legislatif dalam Pemilu 2024. Menurut data daftar calon sementara caleg yang dirilis Komisi Pemilihan Umum (KPU), ia dan anggota keluarganya telah mendaftar untuk daerah pemilihan (dapil) yang berbeda-beda dari Partai Perindo.

Hary Tanoe memilih maju di Dapil Banten III, sementara istrinya, Liliana Tanoesoedibjo, memperebutkan kursi di Dapil DKI Jakarta II. Anak-anaknya juga ikut serta dalam pesta demokrasi ini, dengan masing-masing memilih dapil yang berbeda.

Angela Tanoesoedibjo, anak sulung, maju di Dapil Jawa Timur I, sementara adiknya, Valencia, terdaftar sebagai bakal calon legislatif di Dapil Jakarta III. Anak ketiganya, Jessica Tanoesoedibjo akan maju di Dapil NTT II.

Anak keempatnya, Clarissa Tanoe juga tercatat sebagai bakal caleg Perindo untuk Dapil Jawa Barat I. Terakhir, Warren Tanoesoedibjo, anak bungsu Hary yang juga turut berkompetisi untuk kursi DPR di Dapil Jawa Tengah I.

Profil Singkat Keluarga Hary Tanoesoedibjo yang Kompak Maju Jadi Caleg dalam Pemilu 2024

Berikut ini profil singkat Hary Tanoesoedibjo dan anggota keluarganya yang maju menjadi caleg dalam Pemilu 2024.

1. Hary Tanoesoedibjo (57): Dapil Banten III

Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, pada 26 September 1965 ini, merupakan anak bungsu dari tiga bersaudara. Ayahnya, Ahmad Tanoesoedibjo, dikenal sebagai seorang pengusaha sukses.

Hary Tanoesoedibjo, sebagai pendiri MNC Group, saat ini masih menjabat sebagai Chairman PT MNC Investama Tbk, yang sebelumnya dikenal sebagai PT Bhakti Investama Tbk. Sejak Februari 2004, ia menduduki posisi Komisaris Utama PT MNC Sekuritas.

Gelar Bachelor of Commerce (Honors) berhasil diperoleh oleh Hary Tanoe dari Carleton University, Kanada pada 1988, dan setahun kemudian, pada 1989, ia meraih gelar Master of Business Administration dari Ottawa University, Kanada.

Selain peran utamanya di PT MNC Sekuritas, Hary Tanoesoedibjo juga menjabat di berbagai anak perusahaan MNC Group. Ia menjabat sebagai Direktur Utama di beberapa entitas, antara lain

  • PT Global Mediacom Tbk
  • PT Media Nusantara Citra Tbk
  • PT Rajawali Citra Televisi Indonesia (RCTI)
  • PT MNC Land Tbk
  • PT GLD Property

Selain itu, ia juga menjabat sebagai Komisaris Utama di PT MNC Sky Vision Tbk sejak 2006, PT MNC Sekuritas, PT Global Informasi Bermutu atau GTV, PT Media Nusantara Informasi, dan PT Cipta Televisi Pendidikan Indonesia atau MNC TV.

Setelah Pemilu 2014, Hary Tanoe memutuskan untuk memisahkan diri dari Hanura dan memilih untuk mendirikan Perindo, yang pada 2015 bertransformasi menjadi partai politik.

Ia juga aktif menjadi pembicara di berbagai acara media di tingkat nasional dan internasional, serta terlibat dalam kegiatan mengajar di program pasca-sarjana di berbagai universitas dengan fokus pada bidang corporate finance, investasi, dan strategi manajemen.

2. Liliana Tanoesoedibjo (56): Dapil DKI Jakarta II

Liliana Tanaja Tanoesoedibjo, merupakan seorang pengusaha dan pakar di bidang kecantikan serta busana asal Surabaya, Jawa Timur. Ia memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan kecantikan dan mode.

Pada 1986-1989, Liliana menempuh pendidikan di bidang Diploma Fashion Merchandising di ICS Canadian Limited, dan Diploma Fashion Designer di L'Académie des Couturiers Canadiens.

Tak hanya itu, ia juga menempuh studi dalam jurusan Diploma Hat Making & Accessories di L'Académie des Couturiers Canadiens, Diploma Professional Cosmetician di Versailles Academy of Make-up Arts & Esthetics, serta Diploma Professional Nail Technician di Versailles Academy of Make-up Arts & Esthetics.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...