Masyarakat Diminta Pantau Pemilu Melalui Laman JagaPemilu.com

Image title
5 Januari 2024, 15:39
Jaga Pemilu
Katadata
Button AI Summarize

Jakarta, 5 Januari 2024 - Pemilihan umum adalah fondasi utama dalam sistem demokrasi di mana suara setiap warga negara memiliki kekuatan untuk membentuk masa depan bangsa. Dalam konteks ini, pentingnya pemilu yang jujur dan penuh integritas tidak dapat diabaikan. Memahami peran penting masyarakat dalam menjaga integritas pemilu, maka situs JagaPemilu.com tampil sebagai sebuah platform pelaporan bagi relawan pemantau pemilu, diluncurkan di Ruang Pertemuan Jaga Pemilu di Jakarta hari ini, 5 Januari 2024.

JagaPemilu.com bertujuan untuk menjadi wadah bagi pelaporan warga terkait pelanggaran, atau pun tangkapan visual form C-Hasil, yaitu hasil penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Mengapa situs JagaPemilu.com ini penting sebagai alat partisipasi warga untuk memantau pemilu? “JagaPemilu.com menjadi wadah dalam melaporkan segala bentuk pelanggaran yang mungkin terjadi selama pemilu. Masyarakat dapat secara cepat dan efektif memberikan informasi yang menjadi dasar bagi tindakan selanjutnya,” kata Luky Djani, salah satu pemrakarsa JagaPemilu.com di Jakarta, (5/1/2024).

Kata dia, dengan melibatkan masyarakat secara langsung, potensi kecurangan dalam pemilu dapat dihindari sehingga integritas pemilu terjaga.

“Selain itu, melalui JagaPemilu.com, rangkaian pemilu dari masa kampanye sampai proses penghitungan suara dapat diawasi bersama sehingga meningkatkan kepercayaan publik terhadap proses demokrasi,” kata Erry Riyana Hardjapamekas, salah satu pendiri Jaga Pemilu.

Menurut Erry, melalui partisipasi aktif warga dalam mengawasi jalannya pemilu, Jaga Pemilu turut membantu terwujudnya demokrasi yang sehat dan berintegritas.

JagaPemilu.com bukan hanya sekadar situs melainkan bagian dari Jaga Pemilu, prakarsa kolaboratif yang mengajak seluruh elemen masyarakat, warga yang menjadi relawan, juga media, untuk bersama-sama mengawasi jalannya Pemilu. Masyarakat sebagai warga negara bukan saja memiliki hak untuk memilih pemimpinnya melalui pemilu, namun juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan bahwa suara mereka benar-benar terwakili.

Cara menggunakan JagaPemilu.com sebagai relawan pemantau pemilu:
1. Akses situs https://jagapemilu.com untuk bergabung sebagai relawan/voluntir – lengkapi isiannya. Tunggu verifikasi.
2. Setelah diverifikasi, relawan terdaftar dapat melaporkan segala bentuk pelanggaran selama masa kampanye melalui JagaPemilu.com
3. Relawan juga diminta memotret form C-Hasil yaitu hasil penghitungan di TPS pada hari pemungutan suara yaitu tanggal 14 Februari 2024 dan yang berikutnya apabila ada pemilihan presiden putaran kedua.

Jaga Pemilu mengajak masyarakat untuk bersatu menjaga integritas pemilu. Dengan bersama memantau jalannya pemilu, kita dapat memastikan bahwa setiap suara dihitung, setiap kecurangan diungkap, dan hasil pemilu benar-benar mencerminkan pilihan rakyat.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...