Prabowo Jawab Anies Soal Utang: Anda Perlu Belajar Ekonomi Lagi

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Januari 2024, 20:56
prabowo, anies, utang
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (kiri) menyampaikan pendapat saat adu gagasan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

 Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto menyentil pernyataan capres nomor urut 1 Anies Baswedan. Prabowo meminta Anies untuk belajar lagi mengenai utang Indonesia.

Pernyataan Prabowo ini disampaikan merespons Anies yang menjelaskan angka rasio utang yang aman bagi Indonesia. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengatakan angka utang yang aman sebesar 30% dari Produk Domestik Bruto (PDB).

"Saya kira pak Anies perlu belajar ekonomi lagi. Kalau ideal 30% ini dasarnya apa?" kata Prabowo dalam debat capres di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1).

Sebagai informasi, rasio utang RI saat ini berada pada angka 38,1% dari PDB. Prabowo mengatakan rasio utang RI saat ini masih tergolong salah satu yang terendah di dunia.

"Yang di bawah kita itu Arab Saudi, Rusia, dan negara-negara yang punya sumber daya alam luar biasa," katanya.

Sebelumnya, Anies mengatakan rasio utang sebaiknya paling tinggi berada di angka 30% dari PDB. "Sehingga kita aman di bawah 30%," kata Anies.

Hal yang menurutnya bisa dilakukan adalah menata ulang utang dan memberbesar PDB Indonesia. Anies juga ingin ada perluasan wajib pajak di masa depan.

Selain itu, ia berharap utang tak digunakan untuk belanja hal-hal yang tidak produktif. "Misalnya membeli alutsista bekas," katanya.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...