94% Wilayah Indonesia Berpotensi Hujan Hari Ini

Tia Dwitiani Komalasari
8 Januari 2024, 07:27
Warga menerobos genangan banjir luapan Sungai Batang Merao yang merendam kawasan permukiman di Koto Dian, Sungai Penuh, Jambi, Sabtu (6/1/2024). Ratusan rumah di sepanjang aliran Batang Merao kota itu yang sempat surut pada Jumat (5/1) kembali terendam b
ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan/nz
Warga menerobos genangan banjir luapan Sungai Batang Merao yang merendam kawasan permukiman di Koto Dian, Sungai Penuh, Jambi, Sabtu (6/1/2024). Ratusan rumah di sepanjang aliran Batang Merao kota itu yang sempat surut pada Jumat (5/1) kembali terendam banjir hingga setinggi dada orang dewasa pada Sabtu (6/1) dini hari akibat tingginya intensitas hujan di daerah hulu.
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan sebanyak 94 persen wilayah Indonesia berpotensi diguyur hujan dengan intensitas ringan hingga hujan yang disertai petir hari ini, Senin (8/1).

Prakirawan BMKG, Azhari Putri Cempaka, memaparkan hanya dua dari 35 kota besar yang berada dalam pemantauan BMKG yang diprakirakan tidak hujan, yaitu Kupang dan Manokwari. Dua kota tersebut berpotensi berawan.

"Madden Julian Oscillation (MJO) teridentifikasi aktif di Samudra Hindia yang juga didukung oleh aktifnya gelombang atmosfer di beberapa wilayah di Pulau Sumatra yang berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat," ujarnya seperti dikutip dari Antara.

Di Pulau Sumatera, BMKG memprediksi potensi hujan dengan intensitas ringan berada di Banda Aceh, Medan, Tanjung Pinang, dan Bengkulu. Selanjutnya, hujan petir berada di Palembang, Padang, Jambi, Pangkal Pinang, Palembang, dan Bandar Lampung.

Sementara di Pulau Jawa, hujan ringan hingga sedang diprediksi turun di Jakarta, Semarang, dan Banten. Sedangkan hujan petir berpotensi turun di Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya.

Di Lesser Sunda, hujan petir berpotensi terjadi di Denpasar dan Mataram. Adapun langit Kupang diprediksi berawan.

 Sementara di Pulau Kalimantan, hujan ringan hanya berpotensi turun di Palangka Raya. Sedangkan, mayoritas daerah di pulau tersebut diprediksi mengalami hujan petir, mulai dari Pontianak, Banjarmasin, Samarinda, dan Tanjung Selor.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...