Tim Prabowo Protes ke Moderator, Hasto: Itu Kultur Kepemimpinan Mereka

Ade Rosman
8 Januari 2024, 21:30
prabowo, hasto kristiyanto, prabowo subianto, pdip, debat capres
ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.
Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto (kedua kanan), Wakil Ketua DPP PDIP Bidang Hubungan Luar Negeri Ahmad Basarah (kanan), kader PDIP Anggie (kiri) dan Aryo Seno Bagaskoro (kedua kiri) menyampaikan keterangan pers mengenai perayaan HUT ke-51 PDI Perjuangan di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Sabtu (6/1/2024).
Button AI Summarize

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengomentari protes tim pasangan calon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka kepada moderator saat debat calon presiden yang digelar Minggu (7/1).

Menurut Sekretaris Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud tersebut, sikap dari tim paslon menunjukkan kultur kepemimpinan dalam kelompok tersebut.

"Buah itu menetas dari pohonnya ketika dimulai dari kultur kepemimpinan. Nah saya mendengar bahwa ada yang langsung protes ke moderator," kata Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Senin (8/1).

Menurutnya, hal itu tak sesuai dengan kondisi debat di mana menurutnya pasangan Ganjar-Mahfud dan Anies-Muhaimin lah yang kerap menerima perlakuan tak adil. "Padahal kalau kita lihat pasangan nomor satu dan tiga yang selama ini sering dilakukan tidak fair, kami taat pada aturan main," kata Hasto.

Adapun, pada debat ketiga Pilpres tersebut, Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan Sekretaris Jenderal PSI Isyana Bagoes Oka yang merupakan tim dari Prabowo-Gibran menghampiri moderator.

Grace beralasan, hal itu dilakukannya lantaran ada salah satu pendukung yang mengacungkan jari tanda paslon yang didukung tiap kali capres bicara. Pendukung itu berada di belakang moderator sehingga terlihat langsung oleh capres yang sedang bicara.

"Pendukung salah satu paslon yang pakai jaket hijau syal merah putih mengacungkan tangan mereka tinggi-tinggi berkali kali pada saat ada paslon yang menjawab," kata Grace lewat akun X @grace_nat.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...