TKN Optimistis Prabowo Menang Satu Putaran, Sebut Negara Hemat Rp 27 T

Ira Guslina Sufa
7 Januari 2024, 18:49
Prabowo
Antara
Ketua Koordinator Strategis Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indonesia Maju (KIM) Sufmi Dasco (kiri) dan Sekretaris TKN KIM Nusron Wahid (kanan) dalam konferensi pers di Kantor TKN Prabowo-Gibran, Jakarta, Minggu (12/11/2023). (ANTARA/Sanya Dinda)\
Button AI Summarize

Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo - Gibran, Nusron Wahid, optimistis Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan menang satu putaran pada pemilihan presiden 2024. Ia menyebut, pilpres 1 putaran akan menghemat dana sebesar Rp 27 triliun. 

Menurut Nusron penghemat biaya pemilu sebesar Rp 17 triliun berasal dari honor Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), dan kertas suara. “Itu ditotal Rp 17 triliun. Belum biaya keamanan, polisi jaga, satpam jaga, hansip jaga, betul kan? Totalnya Rp10 triliun. Jadi, Rp27 triliun," kata Nusron seperti dikutip Minggu (7/1). 

Menurut Nusron penghematan anggaran negara hingga Rp 27 triliun merupakan hal besar. Penghematan itu menurut dia bisa digunakan untuk anggaran yang lain. 

"Dihitung sama halnya dengan amal jariyah Rp 27 triliun kepada bangsa dan negara, sehingga duitnya bisa disumbangkan untuk rakyat miskin," ucapnya.

Uang sebesar itu, kata Nusron, bisa dialokasikan untuk keperluan rakyat, seperti pembangunan masjid, pondok pesantren (ponpes), gereja, hingga perbaikan jalan di desa-desa. Ia juga menyebut uang tersebut bisa digunakan untuk beasiswa dan pembangunan jalan rusak. 

Potensi penghematan uang negara tersebut disampaikan Nusron dalam acara konsolidasi pemenangan Prabowo-Gibran oleh Partai Prima DKI Jakarta, di GOR Bulungan, Jakarta. Dalam kesempatan tersebut, Nusron mengajak seluruh kader partai yang berada di Koalisi Indonesia Maju (KIM), termasuk Partai Prima, untuk mensosialisasikan kemenangan Prabowo-Gibran dalam sekali putaran.

"Moga-moga dengan pertemuan ini Pak Prabowo dan Mas Gibran bisa menjadi presiden (dan wakil presiden), cukup dalam pemilu sekali putaran saja. Tidak usah bertele-tele. Kalau bisa sekali, untuk apa dua kali?" tutur Nusron.

KPU pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu presiden dan wakil presiden 2024. Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapat nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Reporter: Antara

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...