Ganjar Janji Kerek Anggaran BRIN untuk Riset Sektor Kesehatan

Muhamad Fajar Riyandanu
11 Januari 2024, 16:59
ganjar, brin, anggaran
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo bersiap untuk beristirahat saat menginap di rumah warga di Tegal, Jawa Tengah, Rabu (10/1/2024).
Button AI Summarize

Calon Presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menawarkan janji untuk meningkatkan anggaran Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menjadi 1% dari PDB jika terpilih sebagai pemenang Pilpres 2024. Langkah itu bertujuan untuk meningkatkan pengembangan layanan dan industri kesehatan nasional.

Penjelasan Ganjar berawal dari pertanyaan yang diajukan oleh Wakil Ketua Komisi Tetap Bidang Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kamar Dagang Indonesia (Kadin), Randy Teguh saat sesi dialog Capres 03 bersama Kadin di Djakarta Theater pada Kamis (11/1).

Ganjar berjanji menambah pendanaan pada sektor riset dan pengembangan fasilitas dan layanan kesehatan. Ia juga mengusulkan untuk menaikan porsi anggaran BRIN untuk menciptakan inovasi layanan kesehatan.

“Kami berbincang soal ini dengan BRIN. 1% saja dari PDB untuk memulai riset pengembangannya. Ini mendorong agar biaya risetnya mencukupi. Risetnya sudah ada di BRIN,” kata Ganjar.

Tawaran Ganjar mengenai anggaran riset untuk BRIN cenderung progresif dibandingkan jumlah pendanaan BRIN tahun 2023 senilai Rp 2,2 triliun atau 0,01% terhadap PDB.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...