Timnas AMIN Gerilya di Jateng, Antisipasi Potensi Kecurangan Pemilu

Amelia Yesidora
15 Januari 2024, 16:30
Anies
ANTARA FOTO/Andry Denisah/tom.
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan menyalami sejumlah buruh di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (9/1/2024).
Button AI Summarize

Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) berkeliling daerah Jawa Tengah guna mengonsolidasikan relawan hingga saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Deputi Kerelawanan dan Partisipasi Publik Timnas AMIN Bambang Sutedjo mengatakan langkah itu dilakukan untuk mengantisipasi potensi kecurangan dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

 Menurut Bambang Timnas AMIN sudah mengunjungi enam titik di Kabupaten Blora dan Rembang pada Senin (15/1). Titik yang dikunjungi itu antara lain merupakan Posko TPS Gerakan Rakyat yang diusung oleh kubu AMIN.

"Kami mengimbau kepada teman-teman relawan dan saksi, serta seluruh masyarakat Indonesia untuk mengawal suara di tempat pemungutan suara (TPS) mereka masing-masing,” kata Bambang. 

Setelah konsolidasi di Blora dan Rembang, dia mengatakan timnas bakal melanjutkan konsolidasi ke Semarang, Kendal, Batang, hingga ke Pekalongan. Selain konsolidasi timnas AMIn menurut Bambang juga berdiskusi dengan para relawan dan saksi terkait cara memenangkan AMIN di daerah tersebut.

Sementara itu, Ketua relawan yang menamakan diri Aliansi Nasional Indonesia Sejahtera (Anies) Jawa Tengah, Joko Purnomo meminta para relawan, saksi, dan juga pemilih untuk mengetahui tata cara, ketentuan, dan petunjuk teknis dalam mengamankan TPS. Hal itu diperlukan untuk memastikan suara AMIN tidak hilang. 

 "Tanamkan kesaksian bahwa AMIN akan jadi presiden dan wakil presiden, dibawa dalam salat. Ini merupakan dorongan spiritual," kata Joko.

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tiga bakal capres dan cawapres di pilpres. Selain Anies - Muhaimin dua pasangan lain adalah Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.  

 KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Selanjutnya masa pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...