KPK Tantang 3 Capres Tunjukkan Komitmen Pemberantasan Korupsi Hari Ini

Ira Guslina Sufa
17 Januari 2024, 08:00
KPK
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.
Ketua KPK sementara Nawawi Pomolango memberikan keterangan terkait capaian kinerja KPK di gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/1/2024).
Button AI Summarize

Komisi Pemberantasan Korupsi mengundang  tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden peserta Pemilu 2024 untuk mengikuti kegiatan Penguatan Anti Korupsi bagi Penyelenggara Negara ber-Integritas (Paku Integritas). Kegiatan berlangsung pada Rabu (17/1) mulai pukul 18.30 WIB di Gedung Juang KPK. 

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan ketiga pasangan calon peserta Pilpres 2024 telah menyatakan kesediaan untuk hadir memenuhi undangan. Mereka adalah Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD.

"Pasangan calon presiden dan wakil presiden sudah mengkonfirmasi nanti akan hadir," kata Ali seperti dikutip Rabu (17/1). 

Ali menjelaskan kegiatan tersebut bukan merupakan sarana untuk saling adu gagasan soal pemberantasan korupsi antarcapres. Ia mengatakan Paku Integritas merupakan pembekalan serta penyampaian komitmen masing-masing kandidat untuk pemberantasan korupsi.

Paku Integritas berisi kegiatan penandatanganan pakta integritas pemberantasan korupsi. Paku Integritas itu nanti juga dihadiri oleh pihak dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Lebih jauh Ali mengatakan Paku Integritas merupakan program KPK yang telah digelar sejak  2021 melalui Kedeputian Bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat. Kegiatan ini bertujuan menguatkan komitmen antikorupsi dari para penyelenggara negara.

Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan-Muhaimin Iskandar menyatakan komitmen untuk menghadiri undangan KPK. Anies yang tengah berada di Sulawesi Selatan untuk melaksanakan kampanye di Kabupaten Bone dan menghadiri undangan hari jadi pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru menyatakan akan hadir. 

"Insya Allah hadir. Dari sini (Makassar) langsung ke sana (Jakarta), tidak ada persiapan khusus itu," kata Anies di Makassar. 

Anies Baswedan berada di Sulsel untuk melaksanakan kampanye di Lapangan Cina, Kecamatan Cina, Kabupaten Bone dan menghadiri undangan Wapres ke-10 dan ke-12 HM Jusuf Kalla untuk menghadiri hari jadi pesantren DDI Mangkoso di Kabupaten Barru, Sulawesi Selatan pada 17 Januari 2024. Agenda PKU Integritas KPK juga sudah masuk dalam agenda capres nomor urut 2 Ganjar Pranowo. 

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...