Gunung Karangetang Sulawesi Utara Erupsi, Masuk Status Waspada

Desy Setyowati
19 Januari 2024, 06:33
Gunung Karangetang, erupsi gunung,
ANTARA/HO-PVMBG
Gunung Karangetang
Button AI Summarize

Gunung Karangetang di Sulawesi Utara erupsi. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi atau PVMBG Badan Geologi Kementerian ESDM mencatat ada 27 kali gempa embusan selama periode 1 - 15 Januari.

"Terekam juga 12 kali gempa hybrid/fase banyak, enam kali gempa vulkanik dalam, satu kali gempa tektonik lokal, satu kali gempa terasa pada skala II MMI dan 81 kali gempa tektonik jauh," kata Kepala PVMBG Hendra Gunawan dalam rilis yang dibagikan oleh Kepala Pos PGA Karangetang Yudia P Tatipang dalam grup percakapan Info Gunung Karangetang di Manado, Kamis malam (18/1).

Saat ini, status salah satu Gunung Karangetang di Sulawesi Utara berada pada level dua alias waspada. Dalam status ini, masyarakat, pengunjung, wisatawan dan pendaki tidak diperbolehkan beraktivitas dan mendekati area dalam radius 1,5 kilometer dari kawah utama (selatan) dan kawah dua (utara), serta 2,5 kilometer pada sektor barat daya dan selatan.

Ia mengimbau warga mewaspadai awan panas guguran Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara. "Kubah lava lama masih ada di puncak yang sewaktu waktu dapat rubuh bersamaan dengan keluarnya lava," kata Hendra.

Karakteristik awan panas guguran gunung api itu terjadi dari penumpukan material lava yang gugur atau longsor.

"Akumulasi material hasil erupsi efusif yang berada di lembah-lembah jalur luncuran/guguran lava pijar berpotensi menjadi guguran lava ke bagian hilir sehingga perlu kewaspadaan masyarakat yang tinggal di sekitarnya," ujarnya.

Masyarakat yang diimbau mewaspadai awan panas saat akan melintasi lembah/sungai, serta mewaspadai terjadinya lahar saat hujan di puncak. "Kondisi visual tidak teramati adanya kejadian guguran/erupsi efusif," ujarnya.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...