Tom Lembong: Anies Fokus Bangun Rel Kereta Api daripada Jalan Tol

Amelia Yesidora
19 Januari 2024, 16:29
Co-captain Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong.
Instagram Tom Lembong
Co-captain Timnas AMIN Thomas Trikasih Lembong atau Tom Lembong.
Button AI Summarize

Pasangan nomor urut satu Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar akan lebih mengutamakan pembangunan kereta api daripada jalan tol. Co-captain Timnas AMIN Tom Lembong menyatakan salah satu alasannya karena pembangunan jalur kereta api lebih murah setengah hingga seperlima harga pembangunan jalan.

Selama ini pemerintah menggenjot pembangunan infrastruktur, tapi Incremental Capital Output Ratio atau ICOR dan indeks kinerja logistik menurun. ICOR merupakan besaran yang menunjukkan besarnya tambahan kapital (investasi) baru yang dibutuhkan untuk menaikkan/menambah satu unit output.

“Namun indeks kinerja logistik kita malah turun, kemudian yang namanya Incremental Capital Output Ratio atau ICOR juga menurun,” kata Thomas Lembong di Rumah Pemenangan AMIN, Jakarta, Jumat (19/1).

Tom Lembong juga menyatakan pembangunan jalur kereta api bisa mengurangi beban logistik. Layaknya jalan tol, kontainer bisa diletakkan di atas kereta api. Popularitas kereta api juga sudah mulai meningkat dengan adanya gerbong panoramic.

Meski demikian, AMIN tidak akan menghentikan seluruh pembangunan proyek jalan tol di era Joko Widodo. Tom bilang, pihaknya bakal mengevaluasi potensi inovasi proyek tol mana yang harus dilanjutkan dan diberhentikan.

“Soalnya kami makin percaya bahwa data dan analisis moda transportasi yang lebih efisien dan ampuh itu kereta api,” ujarnya.

Sebelumnya Anies Baswedan sudah menjelaskan bakal membangun kereta api di berbagai daerah. Mulai dari kereta api yang menghubungkan Banjarmasin–Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Lalu jalur kereta double track tujuan Kertapati–Tanjung Karang–Bakauheni, Lampung. Terakhir, ingin menghidupkan kembali jalur kereta di Sumatera Barat.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...