Cak Imin Dapat Giliran Bicara Pertama di Debat Cawapres Mendatang

Ade Rosman
19 Januari 2024, 19:54
cak imin, kpu, debat
ANTARA FOTO/Syaiful Arif/nz
Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar memberikan sambutan saat haul pendiri Pondok Pesantren Mambaul Ma'arif KH Bisri Syansuri ke-45 di Denanyar Kabupaten Jombang, Jawa Timur, Jumat (12/1/2024) malam.
Button AI Summarize

Debat keempat Pemilihan Presiden 2024 akan digelar pada Minggu (21/1) pukul 19.00 WIB. Nantinya, giliran calon wakil presiden yang akan saling beradu gagasan dalam tema pembangunan berkelanjutan, sumber daya alam, lingkungan hidup, energi, pangan, agraria, lalu masyarakat adat dan desa.

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) August Mellaz mengungkapkan nantinya calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar akan menjadi kandidat pertama yang memaparkan visi dan misinya dalam debat yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC) tersebut.

"Nanti di debat keempat urutan untuk penyampaian visi misi akan dimulai dari paslon 1," kata Mellaz dalam konferensi pers di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Jumat (19/1) malam.

Mellaz menjelaskan nantinya posisi podium Cak Imin akan ditempatkan di tengah. Rotasi urutan penyampaian visi misi dan posisi calon di atas podium itu melanjutkan perputaran yang telah dijalankan sejak debat perdana.

"Untuk posisi, nanti kalau nggak salah itu paslon 1 di tengah. Itu sudah diatur. Nanti debat terakhir balik lagi 1, 2, 3," katanya.

Debat Cawapres 2024
Debat Cawapres 2024 (ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/tom.)

Di sisi lain, Mellaz menjelaskan tak akan ada perubahan komposisi debat. Alur, segmen, dan durasi debat akan sama dengan debat-debat sebelumnya. Nantinya, SCTV, Indosiar, dan Metro TV akan menjadi media penyelenggara dalam debat keempat tersebut. 

Mellaz sebelumnya mengatakan terdapat sejumlah hal yang menjadi catatan dari evaluasi yang telah digelar bersama tim dari tiga pasangan capres dan cawapres. Evaluasi tersebut lebih pada menguatkan sejumlah hal untuk memastikan pelaksanaan debat keempat lancar. 

KPU akan memperkuat koordinasi dan kerja sama dengan tim naradamping atau liaison officer (LO) dari masing-masing tim pemenangan capres. Menurut Mellaz nantinya akan ada tiga pihak yang memegang HT, yakni super LO yang punya akses penuh, tim KPU RI, hingga media penyelenggara. 


Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...