Dana Desa Jadi Sorotan Debat, Muhaimin Janjikan Rp 5 Miliar per Desa

Happy Fajrian
21 Januari 2024, 21:18
muhaimin, dana desa, gibran, debat cawapres
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Dana desa mendapat sorotan para calon wakil presiden dalam debat yang berlangsung di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (21/1). Cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar dan nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka berjanji untuk meningkatkan dana desa jika terpilih.

Muhaimin berjanji untuk menaikkan dana desa menjadi Rp 5 miliar, dari saat ini sebesar Rp 1 miliar per desa, sebagai strategi membangun desa agar tidak ada desa yang ditinggalkan warganya sehingga kehilangan sumber daya manusia (SDM) potensial.

“Dulu kita gagal di Orde Baru karena kita membangun dari atas. Dengan pembangunan desa kita membangun dari bawah. Dengan pembangunan dari bawah kami yakin akan tumbuh kehidupan kemasyarakatan ekonomi sosial dan budaya yang terus terjaga dan lestari,” ujarnya.

Menurutnya dengan penerapan dana desa yang terus meningkat dari tahun ke tahun akan terbangun infrastruktur dan transformasi desa, dari desa tertinggal menjadi desa maju dan mandiri.

Ia memaparkan bahwa berkat dana desa, saat ini sudah ada 13 ribu desa yang tertinggal menjadi desa maju. Ini menjadi bukti bahwa dana desa berjalan dengan baik.

“Nanti ke depan kami siapkan lagi, naikkan lagi anggaran Rp 5 miliar per desa. Agar apa? Tidak hanya infrastrukturnya baik tapi juga kehidupan ekonomi yang tumbuh melalui bumdes (badan usaha milik desa) melalui berbagai kegiatan wirausaha tumbuh, pertanian dan peternakan dan ekonomi kreatif tumbuh di desa,” kata dia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...