Momen Gibran Sentil Muhaimin Pakai Botol Plastik Saat Bahas Lingkungan

Ira Guslina Sufa
21 Januari 2024, 23:38
gibran
ANTARA FOTO//M Risyal Hidayat/tom.
Cawapres nomor urut 2 Gibran Rakabuming Raka menyampaikan pandangannya saat Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Calon wakil presiden nomor Urut 2, Gibran Rakabuming Raka, menyentil komitmen calon wakil presiden nomor urut 1 dan tim pendukungnya soal lingkungan hidup. Hal itu disampaikan Gibran sebelum menanggapi pertanyaan Muhaimin pada sesi tanya jawab di debat keempat pilpres 2024

Setelah moderator memberi kesempatan bicara, Gibran langsung mengkritik tim sukses Muhaimin yang hadir secara langsung di debat yang menggunakan botol minum plastik. Saat itu Muhaimin baru saja bertanya kepada Gibran tentang bagaimana strategi melaksanakan pembangunan dengan tetap menjaga lingkungan.  

"Gus Muhaimin ini lucu ya, menanyakan masalah lingkungan hidup, tetapi itu kok pakai botol-botol plastik itu. Padahal saya, Pak Ganjar, Prof. Mahfud pakai botol (berbahan) kaca. Itu bagaimana komitmennya, botol plastik semua itu," kata Gibran saat debat keempat Pilpres 2024 di Balai Sidang Jakarta, Minggu (21/1).

Walaupun demikian, Gibran tak melanjutkan pembahasan soal penggunaan botol plastik. Ia kemudian lanjut menjawab pertanyaan Muhaimin kepada dirinya mengenai strategi pembangunan yang mempertimbangkan keadilan ekologis.

"Tetapi nggak apa-apa, kita kembali lagi ke topik ya. Intinya, di sini kita sudah berkomitmen untuk yang namanya pembangunan tidak boleh lagi Jawa-sentris, harus mulai Indonesia-sentris. Kemarin, Gus Muhaimin menolak IKN (Ibu Kota Nusantara), tidak apa-apa, akan kita lanjutkan dan akan kita perkuat IKN itu," kata Gibran ke Muhaimin.

Halaman:
Reporter: Rena Laila Wuri, Nur Hana Putri Nabila, Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...