Top News: Kumpulan Survei Capres, Bursa Kripto Terraform Bangkrut

Aryo Widhy Wicaksono
24 Januari 2024, 05:40
Kandidat capres Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Kandidat capres Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Anies Baswedan dalam debat ketiga Pilpres 2024 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (7/1/2024).
Button AI Summarize

Pemilu 2024 tinggal menyisakan tiga pekan ke depan. Menjelang hari pencoblosan pada 14 Februari mendatang, elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden terus berubah.

Berdasarkan sejumlah survei pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka masih unggul dengan rata-rata di atas 40%. Sementara Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar, dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan kisaran suara antara 20% sampai 26%.

Hasil survei dari berbagai lembaga survei merupakan salah satu artikel terpopuler dan menjadi bagian dari Top News Katadata.co.id. Selain itu, ketahui juga bagaimana bursa kripto Terraform bangkrut, serta Surya Paloh yang menolak isu pemakzulan terhadap Presiden Jokowi.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. 11 Hasil Survei Capres Terbaru: Anies, Prabowo, Ganjar Siapa Unggul?

Elektabilitas tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden yang akan bertarung di pemilihan presiden 2024 masih terus berubah. Berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga belum ada calon presiden dan wakil presiden yang mendominasi dengan lebih dari 50% suara.

Memasuki waktu kurang dari satu bulan menjelang pemilu, ketiga pasang capres dan cawapres makin gencar turun ke berbagai daerah untuk mengumpulkan dukungan.

Adapun Komisi Pemilihan Umum telah menetapkan waktu pemilihan presiden akan berlangsung pada Rabu (14/2) mendatang.

Berdasarkan sejumlah hasil survei pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka masih unggul dengan suara rata-rata di atas 40%.

Adapun posisi kedua masih diperebutkan antara Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo - Mahfud MD dengan kisaran suara antara 20% sampai 26%.

2. Harga Saham Astra International Terus Turun, Ini Komentar Para Analis

Saham PT Astra International Tbk (ASII) tengah dalam tren menurun. Berlanjut, saham emiten konglomerasi itu terpantau terus merosot sejak awal perdagangan saham hari ini, Selasa (23/1).

Saham ASII bahkan menjadi saham yang paling banyak dilepas asing pada perdagangan Selasa (22/1) kemarin dengan nilai Rp 122 miliar. ASII sudah beberapa kali menempati posisi pertama yang sahamnya rajin dijual asing.

Saham ASII bergerak di rentang 5.100 – 5.200 pada perdagangan sesi satu hari ini dan ditutup pada level Rp 5.150 per lembar atau turun 1,44%. Sedangkan volume perdagangannya tercatat 85,73 juta dengan nilai transaksi Rp 441,35 miliar dan kapitalisasi pasarnya Rp 208,49 triliun.

Tak hanya itu, price to book value (PBVR) ASII hampir menyentuh angka 1, tepatnya 1,09. Perlu diketahui, price to book value adalah alat ukur nilai perusahaan dengan membagi harga per lembar saham dan nilai buku per lembar saham. Jika nilai PBV kurang dari 1, bisa dikatakan harga saham murah, jika melebihi satu maka harga saham dikatakan mahal.

Sepanjang Januari ini, ASII terpantau tertekan dengan merosot selama tujuh hari berturut-turut hingga dalam seminggu, sahamnya anjlok 6,36%. Adapun selama sebulan terakhir ASII juga jatuh sebanyak 7,21% dan ambles 12,71% dalam setahun terakhir.

3. Bursa Kripto Terraform Umumkan Bangkrut, Aset Capai Rp 7,8 Triliun

Bursa kripto yang berbasis di Singapura, Terraform Labs mengajukan kebangkrutan di Delaware setelah mata uang digitalnya runtuh pada tahun 2022. Terraform merupakan perusahaan di balik aset digital TerraUSD (UST) dan Luna.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...