Jokowi Jamu PM Xanana Gusmao, Bahas Perbatasan hingga Investasi

Muhamad Fajar Riyandanu
26 Januari 2024, 14:36
Jokowi
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kanan) berbincang dengan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor-Leste Xanana Gusmao (kiri) sebelum pertemuan bilateral di Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (26/1/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melangsungkan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmao. Pertemuan berlangsung di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada Jumat (26/1).

Pertemuan dua pimpinan negara tersebut menghasilkan sejumlah kesepakatan bersama. Beberapa yang dibahas antara lain mempercepat perundingan atau negosiasi terkait perbatasan kedua negara. 

"Saya juga menyambut baik reaktivasi komite bersama untuk pengelolaan perbatasan termasuk reaktivasi pos lintas batas," kata Jokowi dalam siaran pers yang disiarkan di kanal Youtube Sekretariat Presiden pada Jumat (26/1).

Selain membahas perbatasan wilayah dua negara, pertemuan tersebut juga menghasilkan upaya peningkatan kerja sama ekonomi antara Indonesia dan Timor Leste. Satu di antaranya yakni melibatkan BUMN Indonesia dalam pembangunan jalan di distrik Oé-Cusse serta perluasan Bandara Internasional Dili. 

"Saya menyambut baik komitmen Pemerintah Timor Leste untuk menciptakan iklim investasi yang lebih baik melalui perjanjian perlindungan investasi," ujar Jokowi.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi mendukung upaya Timor Leste untuk menjadi negara anggota penuh ASEAN. Timor Leste secara prinsip sudah menjadi anggota ASEAN sejak November 2022. 

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...