BMKG: Hati-hati Cuaca Ekstrem, Jakarta Potensi Diguyur Hujan dan Petir

Ira Guslina Sufa
30 Januari 2024, 06:36
BMKG
Pexels
ilustrasi hujan di Jakarta
Button AI Summarize

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan sebagian besar wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu diguyur hujan sejak Selasa (30/1) pagi. BMKG melalui laman resminya hujan dengan intensitas ringan terjadi di Jakarta. Sementara di Kepulauan Seribu diperkirakan hujan dengan intensitas sedang.

Pada siang harinya, Jakarta Barat, Jakarta Selatan dan Jakarta Timur diperkirakan hujan ringan. Sedangkan Jakarta Pusat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu diprakirakan berawan. 

Cuaca cukup ekstrem diperkirakan terjadi di malam hari. BMKG memperkirakan sebagian besar wilayah Jakarta dan Kepulauan Seribu bahal diguyur hujan disertai petir. Hanya, Jakarta Selatan yang diperkirakan berawan.

 Adapun suhu udara di Jakarta diperkirakan berada pada kisaran minimum 24 derajat hingga 29 derajat Celcius. BMKG juga mencatat tingkat kelembaban udara diperkirakan berada pada kisaran 85-95 persen. Suhu yang paling tinggi berada di wilayah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur dengan suhu berkisar 24-29 derajat Celcius dan kelembaban udara pada kisaran 85-95 persen.

BPBD Perkirakan Cuaca Ekstrim Hingga Awal Februari 

Sementara itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta mengingatkan cuaca ekstrem bisa saja terjadi akibat peningkatan curah hujan sedang hingga lebat yang terjadi pada 29 Januari hingga 1 Februari 2024. 

"Masyarakat dihimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari cuaca ekstrem," kata Kepala BPBD DKI Jakarta Isnawa Adji.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...