Kronologi Warga Bentangkan Spanduk Ganjar saat Jokowi di Gunungkidul

Ameidyo Daud Nasution
31 Januari 2024, 12:06
jokowi, ganjar, yogyakarta
ANTARA FOTO/ Andreas Fitri Atmoko/agr/aww.
Presiden Joko Widodo berdialog dengan warga saat mengunjungi gudang Bulog DIY di Kalasan, Sleman, D. I Yogyakarta, Senin (29/1/2024).
Button AI Summarize

Kunjungan kerja Presiden Joko Widodo di Gunungkidul, Yogyakarta pada Selasa (30/1) diwarnai aksi warga yang menjadi viral. Warga tersebut membentangkan spanduk dukungan untuk Ganjar Pranowo di depan mobil Presiden.

Dalam video yang beredar, kejadian tersebut terjadi saat mobil Jokowi berada di Pasar Argosari, Gunungkidul. Terlihat seseorang yang mengenakan sweater berwarna merah membentangkan spanduk bertuliskan selamat datang kepada Jokowi dan dukungan kepada Ganjar.

Orang tersebut lalu ditarik oleh warga yang mengenakan sweater berwarna abu-abu. Setelah itu, terlihat seseorang yang berkaos hitam membawa warga pembentang spanduk tersebut ke pos polisi.

Kejadian berikutnya, terlihat Ketua DPRD Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih beradu argumen dengan petugas untuk membebaskan warga yang membentangkan spanduk itu.

Pasukan Pengaman Presiden (Paspampres) membantah adanya anggapan anggotanya mendorong warga yang membentangkan spanduk Ganjar Pranowo saat kunjungan Jokowi.

Asintel Paspampres, Kolonel Herman Taryaman mengatakan dalam video yang beredar, ada warga berbaju sipil mendorong pihak yang membentangkan spanduk. Herman mengatakan Paspampres dalam kunker Jokowi memakai baju tactical berwarna biru dan seragam dinas TNI.

"Paspampres sesuai tugas yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 34 Tahun 2004 melakukan tugas dengan cara pengamanan fisik jarak dekat terhadap VVIP," kata Herman dalam keterangan tertulis, Rabu (31/1).

Sedangkan presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja di Yogyakarta sejak awal pekan. Jokowi sempat meresmikan tujuh ruas jalan yang dibangun lewat Instruksi Presiden (Inpres) nomor 3 Tahun 2023.

Selain itu, Jokowi juga sempat bersiilaturahmi dengan peserra Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Gunungkidul. Mantan Wali Kota Solo itu, juga sempat bertemu dengan peserta program PNM Mekaar di Bantul.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...