Survei LSI Denny JA: Mayoritas Gen Z Dukung Prabowo - Gibran

Muhamad Fajar Riyandanu
31 Januari 2024, 14:41
prabowo, gibran, gen z
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/tom.
Capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto (kiri) dan Gibran Rakabuming Raka (kanan) usai Debat Keempat Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Minggu (21/1/2024).
Button AI Summarize

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menunjukkan hasil survei terbaru mereka soal dukungan pemilih dari sisi usia. Hasil penjaringan opini mereka menujukkan porsi dukungan pemilih Gen Z terbesar kepada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Hasil survei LSI Denny JA menampilkan temuan dukungan terhadap Prabowo-Gibran di segmen usia di bawah 30 tahun sudah melebihi 55%. Pada pemilih di segmen usia 30 tahun ke bawah, tingkat keterpilihan Prabowo–Gibran mencapai 58,6%.

Sementara itu, elektabilitas Anies Baswedan–Muhaimin Iskandar sebesar 18.3% dan elektabilitas Ganjar Pranowo–Mahfud MD sebesar 16.3%.

Adapun pada Segmen usia 30-39 tahun, elektabilitas Prabowo-Gibran tetap menjadi yang paling unggul dengan 56,4%. Disusul oleh Anies–Muhaimin sebesar 20,9% dan Ganjar–Mahfud sebesar 15,7%.

Lebih lanjut, simulasi suara Prabowo-Gibran di segmen usia 40-49 tahun juga berjaya di atas dua capres cawapres lainnya dengan 48.9%. Kemudian Anies-Muhaimin 23% dan Ganjar-Mahfud 20,9%.

Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menjawab pertanyaan wartawan saat Desak dan Slepet Amin di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (29/1/20
Calon presiden nomor urut 1 Anies Baswedan (kiri) menjawab pertanyaan wartawan saat Desak dan Slepet Amin di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Senin (29/1/20 (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt)

Pada segmen usia  di atas 50 tahun, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 46.1%. Semnetara elektabilitas dua pasangan capres cawapres lainnya Anies-Muhaimin sebesar 23.2% dan Ganjar-Mahfud sebesar 22.3%.

Hasil survei LSI Denny JA yang dirilis pada 30 Januari mencatat elektabilitas Prabowo-Gibran telah mencapai 50,7%. Ini berarti pasangan nomor urut 2 itu berpotensi menang pilpres satu putaran saja.

Adapun di bawahnya adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan elektabilitas 22% dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD yang dipilih 19,7% responden.

Survei tersebut menyasar kepada 1.200 orang berusia 17 tahun ke atas secara tatap muka dengan menggunakan metode penarikan sampel acak atau multistage random sampling. Survei tersebut dilaksanakan pada 16-26 Januari dengan toleransi kesalahan 2.9%.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...