Cara Cek Penerima BLT Jokowi Rp600 Ribu, Disebar Februari 2024

Nadhira Shafa
1 Februari 2024, 10:54
Petugas memotret warga saat menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) peralihan dari bantuan permakanan di Kantor Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024). Pemerintah Kota Surabaya mulai menyalurkan BLT senilai RP200 ribu per penerima
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/nym.
Petugas memotret warga saat menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) peralihan dari bantuan permakanan di Kantor Kecamatan Pabean Cantian, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (4/1/2024). Pemerintah Kota Surabaya mulai menyalurkan BLT senilai RP200 ribu per penerima manfaat per bulan kepada 109 warga di kecamatan itu sementara total penerima BLT di Kota Surabaya sebanyak 8.310 orang di 31 kecamatan.
Button AI Summarize

Pemerintah akan menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) Mitigasi Risiko Pangan sebesar Rp600.000 kepada 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM) pada bulan Februari 2024. BLT ini bertujuan untuk menjaga daya beli masyarakat di tengah risiko inflasi pangan akibat pergeseran musim panen dan perayaan hari besar keagamaan.

BLT Mitigasi Risiko Pangan merupakan pengganti dari BLT El Nino yang telah berakhir pada Desember 2023. Besaran bantuan yang diberikan adalah Rp 200.000 per bulan selama tiga bulan, yakni Januari hingga Maret 2024. Namun, penyaluran BLT baru akan dimulai pada Februari 2024, sehingga penerima akan mendapatkan Rp 600.000 sekaligus.

"Jumlahnya Rp 200.000 per bulan, sehingga tentu ini kita baru anggarkan yang disetujui Bu Menkeu dievaluasi 3 bulan, jadi sampai Maret dulu nanti kita evaluasi nanti berikutnya, kita lihat kembali," ungkap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dalam Konferensi Pers Hasil High Level Meeting (HLM) Tim Pengendalian Inflasi Pusat (TPIP) di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta dikutip Selasa (30/1).

Bagi masyarakat yang ingin mengetahui apakah termasuk dalam daftar penerima BLT Mitigasi Risiko Pangan, dapat melakukan pengecekan secara online melalui situs atau aplikasi Cek Bansos yang disediakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos). Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Cara Cek Daftar Penerima BLT Februari 2024

  • Buka browser dan masuk ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id/
  • Masukkan data wilayah penerima yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan desa
  • Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  • Masukkan kode Captcha yang terdiri dari 8 digit huruf
  • Setelah data yang dimasukkan benar, klik tombol Cari Data dan klik
  • Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat dalam DTKS dan berhak mendapatkan BLT

Demikian informasi mengenai cara cek penerima BLT Februari 2024. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...