Serba-serbi Debat Capres yang Berlangsung Hari Ini, Ada Ketentuan Baru

Tia Dwitiani Komalasari
4 Februari 2024, 06:45
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Sel
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Capres nomor urut satu Anies Baswedan (kanan), Capres nomor urut dua Prabowo Subianto (tengah) dan Capres nomor urut tiga Ganjar Pranowo (kiri) berpegangan tangan usai beradu gagasan dalam debat perdana Capres dan Cawapres 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Selasa (12/12/2023). Debat perdana tersebut mengangkat topik pemerintahan, hukum HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, serta peninngkatan layanan publik dan kerukunan warga.
Button AI Summarize

Debat capres 2024 terakhir akan digelar pada Minggu (4/2)  pukul 19.00 WIB. Debat ini akan menjadi kesempatan terakhir bagi tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden untuk memaparkan visi, misi, dan program kerja mereka sebelum hari pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Debat kelima KPU menampilkan tiga capres, yaitu Anies Baswedan (capres nomor urut 1), Prabowo Subianto (capres nomor urut 2), dan Ganjar Pranowo (capres nomor urut 3). Debat kali ini mengangkat tema Kesejahteraan Sosial, Pembangunan SDM dan Inklusi, dengan meliputi Pendidikan, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Kebudayaan, Teknologi Informasi, Kesejahteraan Sosial dan Inklusi.

Sebelumnya, debat capres pertama Pemilu 2024 telah diselenggarakan di Kantor KPU RI, Jakarta, pada tanggal 12 Desember 2023. Kemudian, debat kedua cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, Jakarta, pada tanggal 22 Desember 2023.

Debat ketiga capres Pemilu 2024 digelar di Istora Senayan, Jakarta, pada tanggal 7 Januari 2024. Setelah itu, debat keempat cawapres Pemilu 2024 digelar di JCC Senayan, pada tanggal 21 Januari 2024.

Rangkaian debat capres-cawapres kelima yang akan diselenggarakan di JCC Senayan, pada tanggal 4 Februari 2024 merupakan debat terakhir.

Berikut serba-serbi Debat Capres 2024 Terakhir:

1. Moderator, Siaran, dan Waktu

Debat capres tersebut akan dipandu oleh dua moderator, yakni Andromeda Mercury dan Dwi Anggia. Adapun total keseluruhan durasi debat 150 menit, dengan pembagian 120 menit untuk segmen debat dan 30 menit untuk iklan.

Stasiun televisi penyelenggara debat terakhir adalah TV One, ANTV, Net TV dan Garuda TV. Debat capres 2024 terakhir juga dapat disimak melalui kanal YouTube resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.

Selain itu, Anda juga dapat mengakses laman YouTube resmi Katadata Indonesia untuk menontonnya.

2. Prabowo Urutan Pertama Sampaikan Visi Misi

Anggota KPU, August Mellaz, mengungkapkan bahwa calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto mendapat urutan pertama untuk memaparkan visi, misi, dan program di debat kelima Pilpres 2024.

"Kalau yang terakhir debat keempat kemarin kan dari pasangan calon nomor urut 1. Jadi, nanti akan dimulai dari pasangan calon nomor urut 2 dalam hal ini Pak Prabowo Subianto," ujar Mellaz usai rapat final koordinasi penyelenggaraan debat kelima Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu (31/1).

Segmen pertama debat akan dibuka dengan penyampaian visi, misi, dan program kerja; kemudian, segmen kedua, ketiga, keempat, dan kelima adalah pendalaman visi, misi, dan program kerja.

Moderator lalu akan mengajukan berbagai pertanyaan kepada seorang peserta debat, dan peserta lain akan saling menanggapi.

Terakhir, segmen keenam adalah masing-masing peserta debat menyampaikan pernyataan penutup.

3. KPU Tambah Waktu Segmen Keenam

KPU menambah waktu segmen keenam dalam debat kelima atau debat terakhir yang mempertemukan antar-capres. Sebelumnya, setiap peserta debat hanya menyampaikan pidato penutup selama dua menit. Saat ini, waktu tersebut bertambah menjadi empat menit.

Mellaz mengatakan, keputusan tersebut ditetapkan usai menerima usulan dari tim sukses masing-masing pasangan capres/cawapres dalam rapat evaluasi terakhir dan rapat koordinasi.

Dia mengatakan, perubahan waktu tersebut tidak mengubah waktu debat secara keseluruhan, sehingga total waktu pelaksanaan tetap 120 menit.

"Kalau dari sisi waktu, yang kita concise (ringkas) itu dari sisi moderator-nya. Jadi tidak mengurangi keseluruhan alur debat," kata Mellaz, Jumat (2/2).

4. Nama 12 Panelis

Mellaz mengatakan terdapat 12 panelis yang telah dikarantina dua hari sebelum acara debat yaitu sejak Jumat (2/2). Para panelis itu terdiri atas mayoritas akademisi. Beberapa diantaranya praktisi yang tergabung dalam organisasi masyarakat sipil.

Nama-nama panelis untuk debat kelima Pilpres 2024, yaitu:

  • Prof. Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes, M.Med.Ed (Guru Besar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin)
  • Prof. Asep Saepudin Jahar, MA, Ph.D. (Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta 2023-2027)
  • Bahruddin (Inisiator Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah dan Anggota Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar dan Menengah)
  • Damar Juniarto, S.Sos (Akademisi di UPN Veteran Jakarta)
  • Prof. Emiritus PM Laksono Ph.D. (Guru Besar Antropolog, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada)
  • Imam Prasodjo (Sosiolog Universitas Indonesia)
  • Onno widodo Purbo.PhD. (Ahli Teknologi Informasi/Wakil Rektor institut Teknologi Tangerang Selatan)
  • Dra. Reni Kusumowardhani M.PSI., (Psikolog Himpunan Psikologi Indonesia)
  • Timboel Siregar, S.SI, SH, MM (Sekretaris Jenderal Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia)
  • Tolhas Damanik, M.Ed (Penasihat Hak Disabilitas pada General Election Network for Disability Access)
  • Drs. Tukiman Tarunasayoga MS, Ph.D. (Dosen Pascasarjana Program Penyuluhan Pembangunan Universitas Sebelas Maret Surakarta)
  • Prof. Vina Adriany, M.Ed, Ph.D. (Guru Besar di bidang PAUD dan Gender, Universitas Pendidikan Indonesia).

5. Posisi Cawapres

KPU akan mendiskusikan posisi tiap calon wakil presiden (cawapres) dalam debat terakhir tersebut. Mereka akan membicarakan posisi cawapres dalam debat terakhir bersama timses pasangan calon pada saat gladi kotor atau gladi resik.

"Secara prinsip, debat kelima ini kan diperuntukkan untuk capres. Nah, apakah nanti mendampingi atau tidak? Memang ini satu hal yang kami belum bicarakan, tetapi yang jelas debat ini untuk capres," ujarnya.

Dia mengatakan, KPU tidak mempersoalkan apabila cawapres mendampingi capres dalam debat terakhir.


Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...