Ahokers Deklarasi Dukungan ke Ganjar - Mahfud, Yakin Menang di Jakarta

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Februari 2024, 16:47
Ganjar
Katadata / Muhammad Fajar Riyandanu
Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok dalam Manifesto dukungan tersebut berlangsung di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta Pusat pada Minggu (4/2).
Button AI Summarize

Simpatisan pendukung Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yakni Ahokers, mendeklarasikan dukungan kepada pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.  Manifesto dukungan tersebut berlangsung di Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud di Jakarta Pusat pada Minggu (4/2). 

Wakil Ketua TPN yang juga Ketua Tim Koordinasi Relawan (TKRPP) Ganjar-Mahfud Ahmad Basarah, menyatakan kehadiran Ahok di Tim Pemenangan Nasional (TPN) dapat mengunci kemenangan Ganjar Mahfud di DKI Jakarta. "Tenang, Pak Ahok sudah ada di sini," kata Ahmad Basarah. 

Pernyataan Basarah disambut gemuruh sorak-sorai dan tepuk tangan dari pada Ahokers yang hadir. Mayoritas dari mereka mengenakan setelan kemeja kotak-kotak yang menjadi ikon kampanye Joko Widodo (Jokowi) - Ahok pada Pemilihan Gubernur atau Pilgub DKI Jakarta 2012 silam.

Saat itu, kemeja kotak-kotak merupakan simbol untuk mempersatukan seluruh komunitas relawan Jokowi-Ahok di Pilkada Jakarta. Ahok juga kembali  mengenakan baju kotak-kotak sebagai modal kampanye Pilgub DKI pada 2017. 

Deklarasi dukungan Ahokers juga dihadiri oleh Ketua DPP PDIP Bidang Ideologi dan Kaderisasi Djarot Saiful Hidayat dan Politikus PDIP Ribka Tjiptaning. 

Pada forum tersebut, Ahok juga menyempatkan diri untuk menyampaikan orasi kepada para Ahokers. Mantan Komisaris Utama PT Pertamina itu meyakini bahwa Ahokers merupakan relawan yang berdiri di atas asas kebenaran, kejujuran, dan berperikemanusian. 

Rumah Aspirasi Relawan Ganjar-Mahfud yang terletak di Jalan Diponegoro Nomor 72, Menteng, Jakarta Pusat itu tampak penuh. Halaman rumah disesaki oleh para Ahokers yang berasal dari beragam usia. 

Terlihat sejumlah relawan pemuda hingga lansia mengenakan kemeja kotak-kotak. Acara tersebut juga diramaikan oleh sejumlah warga tionghoa. 

Adapun Ahok mengenakan setelan kemeja kotak-kotak lengan panjang kelabu, berpadu dengan celana jeans biru. Di panggung tersebut, Ahok berorasi selama kurang lebih 35 menit. 

Dia mengaku prihatin dengan kondisi politik domestik saat ini. Di depan ribuan Ahokers yang hadir, dia meminta para pendukungnya untuk aktif mendukung Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024. 

Menurut Ahok, kemenangan Ganjar-Mahfud dapat mencegah terjadinya praktik kemunduran demokrasi saat ini. "Kalau kali ini kita tidak berani melawan, persoalan ini baru bisa selesai 20 sampai 30 tahun lalu. Masa Orde Baru bisa kembali," kata Ahok. 

Di samping sikapnya yang berulang kali mengucapkan kalimat dukungan kepada Ganjar-Mahfud di Pilpres 2024, Ahok juga mendorong Ahokers untuk memberikan hal suaranya kepada calon legislatif dari PDIP. 

"Ini pertama kali Pilpres bersamaan dengan Pemilu. Kalau Ahokers mau dengarkan saya, tolong pilih caleg dari PDIP. Karena kita butuh itu untuk dukungan Pak Ganjar sebagai presiden," kata Ahok. 

Deklarasi dukungan Ahokers kepada Ganjar-Mahfud dibacakan oleh salah satu deklarator Rudi Kamri. 

"Mendukung Bapak Ganjar Pranowo dan Mahfud MD untuk menjadi presiden dan wakil presiden 2024-2029," ujar Rudi Kamri. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...