Deretan Guru Besar Kampus Top Kritik Jokowi: UI, UGM, hingga ITB

Ameidyo Daud Nasution
6 Februari 2024, 15:01
jokowi, ui, itb, ugm
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/YU
Ketua Dewan Guru Besar Universitas Indonesia (UI) Harkristuti Harkrisnowo (tengah depan) serta sejumlah jajaran Sivitas Akademika UI terlihat dilayar gawai saat menyampaikan deklarasi kebangsaan kampus perjuangan di Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Jumat (2/2/2024).
Button AI Summarize

Sivitas akademika mulai menyuarakan kekhawatiran mereka soal situasi politik saat ini. Sejumlah guru besar di kampus-kampus top Tanah Air mulai muncul di depan publik untuk menyampaikan keprihatinannya soal demokrasi di akhir pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Terbaru, guru besar dan dosen Institut Teknologi Bandung (ITB) menyampaikan kekhawatiran mereka. Mereka juga membacakan sembilan poin deklarasi untuk merespons situasi politik terkini.

"Kesimpulannya: Betapa terancamnya demokrasi ke depan kalau integritas dipertaruhkan," kata Guru Besar Teknik Kimia Prof. Yazid Bindar dalam pernyataannya di Sabuga, Bandung, Jawa Barat, Senin (5/2).

ITB menyusul Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), hingga Universitas Padjadjaran yang membacakan deklarasi serupa beberapa hari lalu. Berikut sejumlah kampus yang menyuarakan keresahannya:

1. Universitas Gadjah Mada

Kampus Presiden Jokowi, Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi institusi pertama yang menyatakan keprihatiannnya. Bahkan, mereka merilis Petisi Bulaksumur yang berisi keprihatinan kondisi perpolitikan nasional di bawah pemerintahan Jokowi.

Petisi Bulaksumur dibacakan oleh Koentjoro Soeparno di acara Mimbar Akademik: Menjaga Demokrasi oleh akademisi UGM pada Rabu (31/1). Koentjoro merupakan seorang profesor psikologi UGM yang pernah menjadi Pimpinan Dewan Guru Besar UGM. Pembacaan petisi itu turut dihadiri oleh sejumlah guru besar UGM, dosen, dan mahasiswa.

Koentjoro menyinggung soal pelanggaran etik Mahkamah Konstitusi, keterlibatan sejumlah aparat penegak hukum hingga adanya pembenaran dari presiden tentang keterlibatan pejabat publik dalam kampanye politik.

"Kami menyesalkan tindakan-tindakan menyimpang yang justru terjadi pada masa Pemerintahan Presiden Jokowi yang juga merupakan bagian dari keluarga besar UGM," kata Koentjoro.

2. Universitas Indonesia

Puluhan guru besar Universitas Indonesia membacakan seruan kebangsaan di Rotunda UI, Jumat (2/2). Menggunakan toga lengkap, mereka menyerukan rasa prihatin atas hancurnya tatanan hukum, demokrasi, dan etika bernegara.

Ketua Dewan Guru Besar UI, Harkristuti Harkrisnowo, membacakan sikap dengan tajuk Genderang Universitas Indonesia Bertalu Kembali. Selain didampingi guru besar, nampak juga Ketua BEM UI, Verrel Uziel. Tidak terlihat sosok rektor UI dalam seruan ini.

"Kami merasa ini tidak baik-baik saja, harus ada yang mereka lakukan untuk memperbaiki hal ini.” kata Harkristuti.

3. Universitas Padjadjaran

Guru besar Unpad juga menyampaikan kritik terhadap pemerintahan Jokowi. Deklarasi dilakukan Ketua Senat Akademik Unpad Prof Ganjar Kurnia di Bandung, Jumat (3/20.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...