Jokowi Blusukan di Sumut, Resmikan Tol dan Temui Penerima Bantuan KIS

Muhamad Fajar Riyandanu
7 Februari 2024, 11:05
jokowi, sumut, kis, tol
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/Spt.
Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo (kiri) dan putranya Kaesang Pangarep (kedua kiri) berjalan kaki di Lapangan Gasibu, Bandung, Jawa Barat, Minggu (4/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) malangsungkan kunjungan kerja ke Medan, Sumatera Utara selama 3 hari mulai Selasa (6/2) hingga Kamis (8/2). Hari ini, Jokowi akan meresmikan proyek jalan tol hingga bertemu dengan sejumlah masyarakat penerima program layanan sosial pemerintah.

Jokowi mengawali rangkaian agenda kunjungan kerja dengan meresmikan Jalan Tol Jalan Tol Trans Sumatera, yakni Jalan Tol Ruas Kuala Tanjung - Tebing Tinggi - Parapat Seksi Tebing Tinggi - Indrapura dan Jalan Tol Ruas Indrapura – Kisaran Seksi Indrapura - Limapuluh.

Jokowi menjelaskan Jalan Tol Tebingtinggi-Indrapura dengan panjang ruas 20,4 kilometer (KM) menelan biaya Rp 3,06 triliun. Sementara Jalan Tol Seksi Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 KM dengan biaya pembangunan Rp 1,67 triliun.

Dia berharap dua ruas jalan tol ini akan meningkatkan konektivitas ke kawasan pariwisata di Danau Toba. Selain itu Presiden berharap tol meningkatkan kecepatan logistik ke pelabuhan Kuala Tanjung hingga dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Sei Mangkei.

"Kita harapkan mempercepat waktu tempuh dari Medan dan sekitarnya menuju Kisaran dan Provinsi Riau. sehingga akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kawasan dan sekitarnya," ujar kata Jokowi.

Kegiatan selanjutnya yakni silaturahmi dengan peserta Mekaar Binaan Permodalan Nasioanal Madani (PNM) di Lapangan Lima Puluh, Kabupaten Batu Bara. Agenda tersebut melibatkan sekira 4.500 pedagang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Jokowi juga dijadwalkan untuk menyapa 2.000 masyarakat penerima Kartu Indonesia Sehat (KIS) di Rumah Sakit Umum Daerah Kumpulan Pane, Tebing Tinggi sekira pukul 13.00.

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...