Alasan Ganjar Kampanye di Pakansari Bogor: Lumbung Suara Terbesar

Andi M. Arief
9 Februari 2024, 17:44
Alasan Ganjar Kampanye di Pakansari Bogor: Lumbung Suara Terbesar
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/foc.
Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo (kiri) saat kampanye akbar. Ganjar berkampanye di Stadion Pakansari, Cibinong Bogor pada Jumat ini (9/2) dan akan mengakhiri kampanye akbarnya di Semarang Sabtu besok (10/2).
Button AI Summarize

Calon Presiden Nomor Urut Tiga Ganjar Pranowo mengatakan pertimbangan pemilihan Kabupaten Bogor, Jawa Barat sebagai lokasi kampanye pada ujung masa kampanye adalah jumlah pemilih. Komisi Pemilihan Umum atau KPU mendata total pemilih di Jawa Barat mencapai 35,71 juta orang atau 17,43% dari total pemilih.

Ganjar mengatakan Kabupaten Bogor merupakan daerah dengan suara terbesar di dalam negeri atau hingga 3,88 juta orang. Pernyataan tersebut sejalan dengan data KPU diikuti oleh  Kabupaten Bandung sejumlah 2,66 juta orang dan Kabupaten Bekasi sekitar 2,2 juta orang.

"Saya melihat semangat seperti ini mengharukan. Merinding juga saya mendapatkan dukungan seperti ini yang citranya selalu bukan jadi basis suara pendukung Ganjar, dan ternyata iya," kata Ganjar di Stadion Pakansari, Cibinong, Jumat (9/2).

Secara rinci, jumlah pemilih di kabupaten Bogor berkontribusi 10% dari total pemilih di Jawa Barat dan hampir 2% dari total pemilih nasional. KPU menemukan total pemilih baru di Kabupaten Bogor mencapai 4.663 orang.

Jumlah Tempat Pemungutan Suara di Kabupaten Bogor mencapai 15.228 titik. Sementara itu, total TPS di Jawa Barat mencapai 140.457 titik.

Berdasarkan catatan Katadata.co.id, seluruh peserta Pilpres 2024 melakukan kampanye di Pulau Jawa hari ini, Jumat (9/2). Sebab, Pulau Jawa merupakan penentu kemenangan pemilu.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...