TKN Pastikan Tak Ada Kampanye Prabowo-Gibran saat Masa Tenang

Muhamad Fajar Riyandanu
10 Februari 2024, 13:43
Sejumlah simpatisan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran mengikuti kampanye bertajuk Menjemput Kemenangan di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (10/2/2024). Sejumlah partai pengusung capres-cawapres nomor urut 2 dan relawan Pilar-08 menggelar kampanye
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/tom.
Sejumlah simpatisan capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo-Gibran mengikuti kampanye bertajuk Menjemput Kemenangan di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu (10/2/2024). Sejumlah partai pengusung capres-cawapres nomor urut 2 dan relawan Pilar-08 menggelar kampanye yang dihadiri ribuan pendukung untuk memenangkan pasangan Prabowo-Gibran pada Pemilu 14 Februari 2024.
Button AI Summarize

Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka (Prabowo-Gibran) memastikan tidak ada agenda kampanye apapun saat hari tenang, yaitu sepanjang 11-13 Februari 2024.

Komandan Komunikasi TKN Budisatrio Djiwandono mengatakan TKN akan fokus pada rapat konsolidasi internal menjelang pencoblosan pemilihan presiden pada 14 Februari mendatang. "Memantau aktivitas dan kondisi menuju 14 Februari," kata Budi dalam konferensi pers Kampanye Akbar Prabowo-Gibran di Stadion Gelora Bung Karno Senayan Jakarta pada Sabtu (10/2/2024).

Dia mendorong kepada seluruh pendukung, relawan maupun simpatisan Prabowo-Gibran untuk aktif mengawal dan menyaksikan proses perhitungan suara di tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing. "Kami terus mengimbau supaya semua rakyat Indonesia yang mempunyai hak memilih untuk berbondong-bondong datang ke TPS," kata dia.

Masa kampanye Pemilihan Presiden 2024 akan berakhir pada Sabtu 10 Februari 2024 dan memasuki masa tenang pada 11-13 Februari 2024. Pada saat yang sama, para peserta Pilpres 2024 sama-sama fokus melakukan kampanye terakhir di Pulau Jawa yang dianggap merupakan penentu kemenangan pemilu.

Dari hasil rekapitulasi KPU, pulau Jawa merupakan daerah dengan pemilih yang paling banyak di Indonesia. KPU mencatat ada 115.384.664 pemilih di pulau Jawa pada Pemilu 2024 atau 56,33% dari total pemilih Pemilu 2024. Adapun total pemilih pada Pemilu 2024 yang telah diverifikasi KPU adalah 204,8 juta orang.

Sementara itu, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar melakukan kampanye akbar terakhir di wilayah DKI Jakarta, tepatnya di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Sedangkan pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD melangsungkan kampanye hari terakhir di dua kota di Jawa Tengah, yakni Solo dan Semarang.

Pasangan Ganjar-Mahfud memulai kampanye di Solo dengan melakukan kirab budaya dari Ngarsopuro menuju Benteng Vastenburg, dengan Balai Kota Surakarta menjadi salah satu titik singgah. Agenda dilanjutkan dengan Kampanye Akbar bertajuk Hajatan Rakyat di Simpang Lima pada siang hari, Sabtu (10/2/2024).

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Dini Pramita
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...