5 Survei Capres Terbaru Jelang Pencoblosan, Siapa Unggul?

Hari Widowati
10 Februari 2024, 18:21
Survei terbaru yang dirilis lima lembaga menunjukkan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menjelang hari pemungutan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus bergerak.
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Survei terbaru yang dirilis lima lembaga menunjukkan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menjelang hari pemungutan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus bergerak.
Button AI Summarize

Survei terbaru yang dirilis lima lembaga menunjukkan elektabilitas calon presiden dan calon wakil presiden menjelang hari pemungutan suara dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 terus bergerak. Elektabilitas pasangan calon (paslon) nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, semakin menguat dan unggul dibandingkan kedua paslon lainnya.

Namun, tim sukses dari masing-masing paslon optimistis bahwa survei belum tentu menentukan hasil akhir dalam Pilpres 2024.

Kampanye akbar dari ketiga paslon berlangsung pada hari ini, Sabtu (10/2). Paslon nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) melaksanakan kampanye akbar di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara. Paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka melaksanakan kampanye akbar di Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Adapun paslon nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD melaksanakan kampanye penutup di Solo, Jawa Tengah. Ketiga kampanye itu dihadiri ratusan ribu orang pendukung masing-masing paslon.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh optimistis AMIN bisa memenangkan Pilpres 2024 dengan satu putaran. "Ya, optimis. Modalnya apalagi kalau bukan optimis untuk memenangkan satu putaran," ujar politisi senior itu, di JIS, Jakarta, pada Sabtu (10/2).

Menurut Paloh, kapasitas kursi di JIS yang bisa menampung lebih dari 82 ribu penonton tampak dipadati pendukung dan para relawan. Begitu juga dengan bagian tengah lapangan stadion tersebut.

Bahkan, para pendukung AMIN sampai membeludak ke jalanan di sekitar JIS karena tidak bisa masuk ke dalam stadion. Paloh menyebut hal itu membuktikan bahwa gagasan perubahan yang digaungkan AMIN sangat didukung masyarakat.

Kampanye akbar terakhir Anies-Muhaimin di JIS
Kampanye akbar terakhir Anies-Muhaimin di JIS (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.)

Hal senada diungkapkan oleh Ketua Tim Komunikasi TKN Prabowo-Gibran, Budisatrio Djiwandono. Ia optimistis paslon nomor urut 2 itu akan menang satu putaran setelah melihat hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia.

"Hasil dari Indikator dan Populi, semuanya sudah satu putaran. Ini juga mengonfirmasi temuan kami di lapangan bahwa animo masyarakat begitu tinggi dan selalu tumpah ruah dalam setiap kampanye, bahkan yang tidak dihadiri kandidat sekalipun," ujar Budisatrio di Media Center Prabowo-Gibran, di Jakarta, Jumat (9/2).

Prabowo Kampanye Akbar di GBK
Prabowo Kampanye Akbar di GBK (Katadata/Hufaz Muhammad)

Namun, TPN Ganjar-Mahfud memiliki pandangan yang berbeda. "Saya sangat yakin Pilpres akan berlangsung dua putaran," kata Wakil Ketua Umum TPN Ganjar-Mahfud, Andi Gani Nena Wea, pada Rabu (7/2).

Ia mengacu pada survei internal yang menunjukkan tren positif dari elektabilitas Ganjar-Mahfud. "Kami memiliki survei internal yang kredibel dan basis data yang kuat. Survei (lainnya) tidak masalah dijadikan acuan, tapi kami tetap berpegangan kepada survei yang sudah kami lakukan dengan metodologi survei yang teruji," jelasnya.

Kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud di Solo
Kampanye akbar Ganjar Pranowo-Mahfud di Solo (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha/tom.)

Bagaimana peta persaingan para capres menjelang pelaksanaan pemungutan suara pada 14 Februari mendatang? Simak hasil survei dari kelima lembaga berikut ini.

Hasil Survei Elektabilitas Capres Terbaru

Survei Indikator Politik Indonesia

Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis survei peta elektoral di akhir masa kampanye. Survei dilaksanakan pada 28 Januari hingga 4 Februari 2024 dengan total 1.200 responden. Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling, dengan margin of error sekitar plus minus 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

Menurut survei itu, paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran menempati posisi teratas dengan elektabilitas 51,8%. Sementara itu, Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan elektabilitas 24,1% dan Ganjar-Mahfud di posisi ketiga dengan 19,6%.

Burhanuddin Muhtadi, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, menyebut selisih antara Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud tidak signifikan. "Masih ada 4,5% pemilih responden kita yang pada waktu survei menyatakan tidak tahu atau tidak menjawab.

Menurutnya, tren elektabilitas Prabowo-Gibran yang terus meningkat membuat probabilitas Pilpres sekali putaran semakin besar. Meski demikian, masih ada peluang Pilpres berlangsung dua putaran karena masih ada margin of error.

Survei Poltracking Indonesia

Lembaga survei Poltracking Indonesia mengumumkan hasil survei elektabilitas para paslon Pilpres 2024. Survei menunjukkan elektabilitas Prabowo-Gibran di posisi teratas dengan angka 50,9%.

Pasangan Anies-Muhaimin berada di posisi kedua dengan elektabilitas 25,1% disusul Ganjar-Mahfud dengan 18,4%. Responden yang tidak menjawab mencapai 5,6%.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...