Sri Mulyani Usai Mencoblos: Jaga Demokrasi, Anggarannya Gede Banget

 Zahwa Madjid
14 Februari 2024, 11:09
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Katadata/Zahwa
Menteri Keuangan Sri Mulyani
Button AI Summarize

Menteri Keuangan Sri Mulyani memberikan pesan khusus saat hari pencoblosan Pemilu 2024. Dia mengajak semua warga negara menjaga demokrasi sebaik-baiknya karena anggaran yang sudah dialokasikan sangat besar. 

Sri Mulyani menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan umum (pemilu) 2024 di TPS 73 Jalan Mandar, Bintaro, Tangerang Selatan, Rabu (14/2). Ia tiba sekitar pukul 09.00 WIB dengan didampingi suaminya, Tony Sumartono.

Sri Mulyani datang mengenakan kemeja hitam dengan celana jeans biru dan sepatu berwarna putih. Warga sekitar mendekatinya dan mengajak bersalaman.

Sebelum memasuki ruang bilik suara, bendahara negara tersebut pun membuka kertas suara satu persatu terlebih dahulu. Setelah itu, ia berfoto dengan beberapa warga dan petugas KPPS setempat.

Usai mencoblos, Sri Mulyani menyampaikan kepada masyarakat untuk memilih sesuai keinginan dan keyakinan hati masing masing. “Ini Pemilu demokrasi masyarakat memilih sesuai keinginan hati masing masing sesuai keyakinan hati masing-masing hormati pilihan masing-masing," ujar Sri Mulyani kepada wartawan di Tangerang Selatan, Rabu (14/2).

Sebagai menteri keuangan Sri Mulayni mengingatkan pentingnya menjaga demokrasi karena anggaran yang sudah dikeluarkan negara sangat besar. "Kita jaga demokrasi. Saya menteri keuangan karena ini anggarannya gede banget kita jaga supaya bagus,” ujar Sri Mulyani.

Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan anggaran sebesar Rp 71,3 triliun untuk pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Anggaran ini lebih dari dua kali lipat dari Pemilu 2019.

Alokasi anggaran terbesar untuk biaya Komisi Pemilihan Umum mencapai Rp 25,2 triliun. Selanjutnya alokasi untuk Bawaslu sebesar Rp 9,7 triliun dan untuk kegiatan 11 kementerian dan lembaga terkait Pemilu mencapai Rp 3,1 triliun.

Reporter: Zahwa Madjid
Editor: Yuliawati

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...