Top News: Syarat Pilpres Satu Putaran, Hasil Quick Count 9 Lembaga

Aryo Widhy Wicaksono
15 Februari 2024, 05:35
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berjoget saat hadir dalam acara pemantauan hasil hitung cepat atau quick count di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/YU
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto berjoget saat hadir dalam acara pemantauan hasil hitung cepat atau quick count di Istora Senayan, Jakarta, Rabu (14/2/2024).
Button AI Summarize

Hasil hitung cepat atau quick count pemungutan suara Pilpres 2024 dari beberapa lembaga, menunjukkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka berpotensi menang dalam satu putaran.

Umumnya data quick count lembaga survei tersebut menempatkan pasangan nomor urut 2 unggul dengan kisaran di atas 57% suara pemilih.

Meski sudah mengantongi suara di atas 50%, peluang pasangan nomor urut 2 menjadi pemenang Pilpres 2024 melalui satu putaran belum seratus persen.

Syarat mengenai Pilpres satu putaran merupakan salah satu artikel terpopuler, dan menjadi salah satu bagian Top News Katadata.co.id. Selain itu, simak juga hasil quick count 9 lembaga, serta pesan Sri Mulyani usai mencoblos.

Berikut Top News Katadata.co.id:

1. Syarat Pilpres Digelar Satu Putaran, Tak Cuma Asal Penuhi 50% Suara

Sejumlah lembaga survei mulai merilis hasil hitung cepat atau quick count pada pemilihan presiden atau pilpres 2024. Berdasarkan hasil sementara suara pasangan nomor urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka unggul jauh dibanding pasangan lain.

Hampir semua lembaga survei yang menyelenggarakan hitung cepat pasangan Prabowo - Gibran meraih suara di kisaran 50% - 60%. Sementara itu pasangan nomor urut 1 Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar berada di urutan kedua dengan rentang suara 22% hingga 27 %.

Di urutan ketiga ada pasangan Ganjar Pranowo - Mahfud MD meraih suara di rentang 16 % - 20 %. Data yang diambil per pukul 16.00 WIB data yang masuk di semua lembaga survei sudah di atas 50%.

Meski sudah mengantongi suara di atas 50 %, peluang pasangan nomor urut 2 melenggang menjadi pemenang pemilihan presiden belum seratus persen.

Selain karena masih harus menunggu hasil suara resmi dari Komisi Pemilihan Umum, pasangan ini juga harus memenuhi sejumlah syarat.

2. Hasil Quick Count 9 Lembaga: Prabowo Kuasai 58%, Bisa Menang 1 Putaran

Hasil hitung cepat atau quick count sejumlah lembaga menunjukkan pasangan Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka berpotensi menang dalam satu putaran di pemilihan presiden atau pilpres 2024.

Menurut data quick count yang diambil Rabu (14/2) pukul 18.30 WIB, pasangan nomor urut 2 itu unggul dengan kisaran di angka 58%.

Merujuk data terbaru, sembilan lembaga sudah mengantongi suara di atas 70%.

Lingkaran Survei Indonesia bahkan telah mengantongi 92,5 % dari total sampel dengan kemenangan Prabowo - Gibran mencapai 58,31%.

3. INFOGRAFIK: Perbedaan Quick Count, Exit Poll, dan Real Count

Hari ini rakyat Indonesia melakukan pemilihan presiden dan anggota legislatif. Salah satu yang dinanti adalah siapa calon yang akan terpilih dalam proses pemilu tersebut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...