TPN Ganjar Desak Bawaslu Usut Laporan Kejanggalan Rekapitulasi KPU

Muhamad Fajar Riyandanu
16 Februari 2024, 18:50
TPN Ganjar - Mahfud di Media Center TPN Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (16/2).
Katadata / Muhammad Fajar Riyandanu
TPN Ganjar - Mahfud di Media Center TPN Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (16/2).
Button AI Summarize

Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo - Mahfud MD mendesak Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) menginvestigasi rekapitulasi hasil pemilihan umum lewat Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) milik Komisi Pemilihan Umum. TPN menganggap rekapitulasi suara pemilu di Sirekap bermasalah. 

Deputi Hukum TPN Ganjar-Mahfud, Todung Mulya Lubis mengatakan cenderung menguntungkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka. Ia menyebut Bawaslu harus bertindak sebab menjadi lembaga pengawas pemilu yang punya wewenang untuk melaksanakan investigasi terhadap  kecurangan pemilu.

"Kami sudah melaporkan hal ini baik ke KPU dan Bawaslu. Kami minta kepada Bawaslu untuk melakukan investigasi terhadap hal ini," kata Todung di Media Center TPN Menteng, Jakarta Pusat pada Jumat (16/2).

Todung pun mendorong Bawaslu agar lebih berinisiatif dalam perkara tersebut. Alasannya, informasi mengenai praktik kejanggalan rekapitulasi hasil pemilu di Sirekap sudah beredar umum di publik, terutama di media sosial.

"Banyak kami temukan dalam pemberitaan terutama di media sosial yang disertai dengan video. Kami berpendapat bahwa ini sangat tidak sehat dan sangat tidak adil dan mengancam pemilu dan pilpres yang jujur dan adil," ujar Todung.

Warganet ramai-ramai mengunggah data perhitungan suara yang berbeda antara aplikasi Sirekap dengan formulir C1 yang dipindai oleh petugas KPPS atau Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara. Aplikasi Sirekap yang digunakan KPU menjadi sorotan publik karena diduga perolehan suara yang dimasukkan ke dalam sistem tersebut tidak sesuai dengan kondisi nyata di lapangan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...