Didampingi Prabowo, Jokowi Resmikan Rumah Sakit Pusat Pertahanan

Muhamad Fajar Riyandanu
19 Februari 2024, 10:20
prabowo, jokowi, rumah sakit
Katadata
Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto saat proyek renovasi Rumas Sakit Pusat Pertahanan Negara di Jakarta, Senin (19/2). Foto: M Fajar Riyandanu
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto meresmikan proyek renovasi Rumas Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Jendela Sudirman di Bintaro, Jakarta Selatan pada Senin (19/2). 

Sebelum acara peresmian, Prabowo mendampingi Jokowi melakukan peninjauan ke sejumlah fasilitas rumah sakit antara lain ruang Radiologi (MRI,DSA, CT Scan, Cath Lab, serta ruang operasi dan ICU. 

Jokowi menjelaskan pengadaan RSPPN mengaju pada keadaan kahar saat merebaknya wabah Pandemi Covid-19 tiga tahun silam. Saat itu, mayoritas fasilitas kesehatan dan sumber daya manusia (SDM) nasional belum optimal dalam mengatasi penyebaran virus pandemi. 

"Covid-19 telah mengajarkan kepada kita betapa pentingnya fasilitas kesehatan yang lengkap, rumah sakit dengan kesiapan SDM dan fasilitas yang memadai untuk mengatasi kondisi-kondisi kedaruratan kesehatan," kata Jokowi saat menyampaikan sambutan peresmian. 

Dia pun mengapresiasi pembangunan RSPPN dan sejumlah rumah sakit TNI lainnya yang bisa menggunakan tingkat komponen dalam negeri hingga 70%.  Menurut Jokowi, capaian tersebut merupakan langkah positif untuk mendukung pengembangan industri domestik dan mempercepat pemulihan ekonomi.

"Saya harap RSPPN dapat menjadi rujukan bagi kementerian pertahanan, TNI dan keluarga serta masyarakat umum untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang terbaik," ujar Jokowi. 

Peresmian Rumas Sakit Pusat Pertahanan Negara (RSPPN) Panglima Jendela Sudirman turut hadiri oleh Panglima TNI Agus Subiyanto, Kapolri Listyo Sigit Prabowo, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. 

RSPPN merupakan rumah sakit  rujukan yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). 

Dengan integrasi BPJS Kesehatan maupun BPJS Jamsostek, rumah sakit ini diharapkan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terjangkau dan berkualitas bagi semua lapisan masyarakat. 

RSPPN merupakan fasilitan kesehatan hasil peremajaan Rumah Sakit Dr. Suyoto. Selain meresmikan proyek RSPPN, Jokowi dan Prabowo juga meresmikan 25 rumah sakit TNI lainnya. 

Dari total 25 Rumah Sakit TNI AD, TNI AL dan TNI AU, 5 Rumah Sakit TNI sebelumnya telah diresmikan 
oleh Presiden dan Menteri Pertahanan pada 2023 lalu. 

Sebanyak 20 Rumah Sakit TNI yang diresmikan terdiri dari: 

1. Rumah Sakit Angkatan Darat (RSAD) Tk. IV Pangkal Pinang Kesdam II/Swj di Pangkalpinang.

2. RSAD Tk. III dr.  Reksodiwiryo Padang Sumatra Barat Kesdam I/BB di Padang.

3. RSAD Tk. IV Kesdam Iskandar Muda di Aceh. 

4.  RSAD Tk. IV Atambua Kesdam IX/Udy di Atambua

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...