AHY Dikabarkan Jadi Kandidat Menteri ATR, Ini Respons Demokrat

Ade Rosman
20 Februari 2024, 14:23
ahy, menteri atr, hadi tjahjanto
Instagram/Agus Harimurti Yudhoyono
Presiden Joko Widodo saat bertemu Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono di Yogyakarta, Minggu (28/1). Foto: Instagram Agus Harimurti Yudhoyono.
Button AI Summarize

Beredar kabar Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) akan masuk ke dalam Kabinet Indonesia Maju. Kabar yang beredar, AHY akan menduduki posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN).

Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra menyatakan AHY akan siap bila memang ditunjuk menempati posisi tersebut. Kata Herzaky, hal tersebut senada dengan rekam jejak AHY yang pernah bertugas di militer.

"Mas AHY siap memenuhi panggilan tugas dari negara. Namanya prajurit, beliau selalu mengabdikan hidupnya untuk bangsa dan negara. Dulu di militer, lalu sekarang di medan politik," kata Herzaky saat dihubungi awak media, Selasa (20/2).

Herzaky mengatakan, AHY berkomitmen untuk selalu siap memenuhi panggilan tugas. Namun, soal perombakan kabinet atau reshuffle, menurutnya itu merupakan hak prerogratif Presiden.

"Jadi, apakah akan ada pelantikan menteri, lalu siapa menterinya, tentu beliaulah yang tahu. Silakan ditanyakan kepada beliau," katanya.

Saat ini, posisi Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) atau Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) diduduki oleh Hadi Tjahjanto. Hadi dikabarkan akan menduduki posisi anyar sebagai Menko Polhukam, menggantikan Mahfud MD.

Selain nama AHY,  Sekretaris Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Raja Juli Antoni berpeluang menggantikan Hadi. Saat ini, Raja Juli merupakan Wakil Menteri ATR/BPN. 

Kabar perombakan kabinet awalnya dilontarkan oleh politisi Nasdem Ahmad Sahroni. Ia mengaku mendapatkan kabar bahwa Hadi Tjahjanto akan dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan pada Rabu (21/2).

Reporter: Ade Rosman

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...