Reshuffle Kabinet, Jokowi Lantik Menko Polhukam dan Menteri ATR Besok

Muhamad Fajar Riyandanu
20 Februari 2024, 18:05
jokowi, reshuffle, kabinet
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/aww.
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah), mantan Panglima TNI Marsekal Purn Hadi Tjahjanto (kedua kanan), Wamen PUPR John Wempi Watipo (kanan) dan Sekjen PBB Afriansyah Noor disumpah saat upacara pelantikan menteri dan wakil menteri Kabinet Indonesia Maju sisa masa jabatan periode 2019-2024 di Istana Negara, Rabu (15/6/2022).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melantik Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertahanan Nasional (ATR/BPN) baru pada Rabu (21/2).

Jokowi mengatakan pelantikan dua menteri itu akan dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta. "Besok ditunggu saja pukul 10.00," kata Jokowi usai memberikan sambutan Puncak Hari Pers Nasional di Ancol, Jakarta Utara pada Selasa (20/2). 

Kepastian reshuffle kabinet diperkuat oleh pernyataan Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Dia mengatakan presiden bakal melantik Menteri Koordinator Polhukam dan Menteri ATR/BPN di Istana Merdeka Jakarta pada Rabu siang besok. 

"Mengenai siapa yang akan diangkat dan dilantik oleh Bapak. Presiden untuk mengisi dua posisi itu, kita tunggu besok ya," kata Ari lewat pesan singkat WhatsApp pada Selasa (20/2). 

Selain itu, Ari juga menyampaikan adanya agenda lanjutan, yakni pengucapan sumpah atau janji anggota Komisi Kejaksaan di hadapan presiden yang juga diselenggarakan di Istana Negara.

Beredar kabar, nama Hadi Tjahjanto akan digeser menjadi Menko Polhukam. Sedangkan kandidat penggantinya sebagai Menteri ATR antara lain Agus Harimurti Yudhoyono atau Raja Juli Antoni.

Agus saat ini masih berada di luar pemerintahan dan menjadi Ketua Umum Partai Demokrat. Sedangkan Raja Juli yang juga Sekretaris Jenderal Partai Solidaritas Indonesia (PSI) adalah Wakil Menteri ATR/Kepala BPN. 

Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...