Deretan Pemimpin Negara yang Ucapkan Selamat atas Kemenangan Prabowo

Image title
21 Februari 2024, 12:10
Prabowo
X @DomJermey
Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey bertemu dengan Prabowo Subianto untuk menyampaikan ucapan selamat dari Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak.
Button AI Summarize

Penghitungan suara pemilihan presiden atau Pilpres 2024 hampir selesai dilakukan, dengan hasil sementara pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka unggul jauh.

Hingga Selasa (20/2) pukul 12:05 WIB, data dari 72,37% Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang telah tertampung oleh Komisi Pemilihan Umum atau KPU menunjukkan, Prabowo-Gibran meraup 58,67% suara.

Sementara, paslon nomor urut 01 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar berada di posisi kedua dengan 24,24% suara, dan paslon nomor urut 03 Ganjar Pranowo-Mahfud MD berada di posisi ketiga, dengan perolehan 17,08% suara.

Sebelumnya, sejumlah pemimpin maupun perwakilan negara sahabat telah mengirimkan ucapan selamat kepada Prabowo Subianto yang sejauh ini memimpin perolehan suara dalam Pilpres 2024.

Pemimpin Negara yang Ucapkan Selamat kepada Prabowo Subianto

Berikut ini beberapa pemimpin serta perwakilan negara sahabat yang mengucapkan selamat kepada Prabowo atas hasil perhitungan suara sementara. Beberapa di antaranya bahkan mengucapkan saat quick count baru dilaksanakan.

1. Perdana Menteri Republik Ceko

Perdana Menteri Republik Ceko Petr Fiala, menyampaikan ucapan selamat untuk Prabowo Subianto yang ia sebut telah memenangi Pilpres 2024. Ucapan selamat tersebut ia posting melalui akun media sosial X-nya, @P_Fiala, pada Rabu (14/2), saat quick count dimulai dan menunjukkan paslon nomor urut 02 Prabowo-Gibran unggul.

"Selamat untuk Yang Terhormat Prabowo Subianto atas kemenangan di Pilpres Indonesia 2024. Mengingat kunjungan saya ke negara indah Anda kurang dari setahun yang lalu, izinkan saya mendoakan transisi yang lancar sekaligus menyatakan kesiapan kami untuk memperkuat hubungan bilateral antara kedua negara," kata Petr Fiala lewat akun X resminya, @P_Fiala, dikutip Rabu (21/2).

2. Perdana Menteri Australia

Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, juga mengucapkan selamat kepada Prabowo melalui media sosial X. Melalui akun resmi miliknya, @AlboMP, ia menyampaikan ucapan selamat kepada Indonesia karena berhasil menyelenggarakan pemilihan presiden pada 14 Februari.

"Saya merasa terhormat menjadi pemimpin asing pertama yang hari ini berbicara dengan Prabowo, yang unggul dalam perhitungan suara, baik yang resmi maupun tidak resmi," ujarnya dalam unggahan di X.

3. Perdana Menteri Singapura

Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto setelah unggul dalam versi hitung cepat atau quick count pada Pilpres 2024.

Mengutip Channel News Asia, Sekretaris Pers Kantor Perdana Menteri Singapura Chang Li Lin mengatakan, bahwa Lee Hsien Loong telah mengucapkan selamat kepada Prabowo melalui sambungan telepon. Selain ucapan selamat, keduanya juga membahas penguatan hubungan bilateral, melalui identifikasi bidang-bidang baru yang berpotensi memperkuat kerja sama.

4. Perdana Menteri Belanda

Perdana Menteri Belanda Mark Rutte, mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto melalui unggahan di media sosial X-nya. Ia berharap untuk dapat terus mengembangkan persahabatan yang kuat antara Indonesia dan Belanda.

"Saya baru saja mengucapkan selamat kepada Prabowo Subianto atas proyeksi hasil pemilu di Indonesia. Saya berharap dapat terus mengembangkan persahabatan dan ikatan yang kuat antara kedua negara kita," ujarnya melalui akun X resmi-nya @MinPres, Kamis (15/2).

5. Perdana Menteri Inggris

Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengucapkan selamat kepada Prabowo melalui surat resmi dari Downing Street yang disampaikan melalui Duta Besar Inggris untuk Indonesia Dominic Jermey. Hal ini diungkapkan Prabowo melalui akun X-nya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...