Menhub: Airbus Berpeluang Kerja Sama dengan Industri Penerbangan RI

Andi M. Arief
21 Februari 2024, 16:19
budi karya, airbus
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/rwa.
Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi berharap Airbus bekerja sama dengan maskapai nasional dalam bentuk pelatihan praktisi industri aviasi.
Button AI Summarize

Produsen Pesawat asal Prancis Airbus berpeluang untuk bekerja sama dengan industri penerbangan di Indonesia. Hal ini disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi  saat bertemu dengan President Airbus Commercial APAC Anand Stanley pada acara Singapore Airshow 2024, Selasa (20/2).

Airbus saat ini sudah bekerja sama dengan PT Dirgantara Indonesia dalam memproduksi komponen aerostruktur helikopter sejak 1976. Ia mengatakan, terbuka peluang kerja sama dengan industri penerbangan dalam bentuk lainnya, seperti pembuatan suku cadang pesawat dan berbagai perlengkapan.

Budi juga berharap, Airbus bekerja sama dengan maskapai nasional dalam bentuk pelatihan praktisi industri aviasi.

"Pemerintah akan mendukung peningkatan jumlah pesawat melalui maskapai yang telah ada saat ini ataupun melalui maskapai-maskapai baru melalui kerjasama Indonesia dengan maskapai asing. Kami terbuka dengan kehadiran Airbus di maskapai Indonesia," kata Budi dalam keterangan resmi yang dikutip Rabu (21/2).

Kementerian Perhubungan mendata. total pesawat di dalam negeri mencapai 539 unit pada akhir 2022. Pesawat terbanyak dimiliki oleh Lion Air yang mencapai 112 unit dan diikuti oleh Garuda Indonesia sejumlah 87 unit.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...