Profil Tandyo Budi, Jadi Wakasad Usai 2 Bulan Jabat Pangdam Diponegoro

Ira Guslina Sufa
22 Februari 2024, 08:49
TNI
ANTARA FOTO/Jessica Helena Wuysang/nz
Sejumlah personel TNI AD menyanyikan yel-yel untuk Pejabat lama Pangdam XII/Tanjungpura Mayjen TNI Sulaiman Agusto saat parade pelepasan di Makodam XII/Tanjungpura di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, Selasa (2/5/2023).
Button AI Summarize

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengangkat Mayjen Tandyo Budi Revita menjadi Wakil Kepala Staf Angkatan Darat (Wakasad). Tandyo akan mengisi posisi yang ditinggalkan Letjen Arif Rahman karena akan memasuki usia pensiun. 

Pengangkatan Tandyo tertuang dalam surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dan pengangkatan dalam jabatan di Tentara Nasional Indonesia. Dalam surat itu Panglima Agus juga merotasi dan memutasi 27 perwira TNI lainnya. 

“Mutasi ini merupakan bagian dari upaya peningkatan kualitas dan efektivitas organisasi TNI dengan redistribusi personel yang sesuai dengan kebutuhan dan tuntutan strategis di berbagai sektor,” ujar Kapuspen TNI Mayjen Nugraha Gumilar dalam keterangan tertulis yang dikutip Kamis (22/2). 

Dalam surat keputusan tersebut, secara keseluruhan Panglima TNI memutasi dan merotasi 28 perwira TNI Angkatan Darat (AD), 3 perwira dari TNI Angkatan Laut (AL), dan 7 perwira dari TNI Angkatan Udara (AU). Setelah tidak menjadi Wakasad, Arif Rahman akan menjadi Pati di Mabes TNI AD. 

Penunjukan Tandyo sebagai Wakasad menjadi sorotan lantaran ia baru saja mendapat jabatan menjadi Pangdam IV/Diponegoro. Jabatan Pangdam baru dua bulan ia emban sejak diangkat pada pertengahan Desember 2023 melalui surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/1470/XII/2023. Saat itu Agus melakukan mutasi besar-besaran terhadap 183 perwira. 

Lalu bagaimana profil dan rekam jejak Tandyo Budi di militer sebelum menjabat sebagai Wakasad? 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...