Cara Pesan Tiket Kereta Mudik Lebaran 2024 dan Jadwal Keberangkatan

Ira Guslina Sufa
24 Februari 2024, 20:05
Kereta api mudik lebaran
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.
Pramugari mengarahkan penumpang KA Menoreh di Stasiun KA Pasar Senen, Jakarta, Sabtu (23/12/2023).
Button AI Summarize

PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah membuka penjualan tiket kereta api untuk perjalanan mudik libur Lebaran 2024. Pemesanan tiket mudik kereta api sudah dimulai sejak Kamis (15/2) lalu. 

Kepala Humas Daop 1 Jakarta Ixfan Hendriwintoko mengatakan hingga okupansi di beberapa kereta api untuk keberangkatan ke berbagai jurusan sepekan menjelang Lebaran sudah padat. Menurut Ixfan untuk keberangkatan 5–9 April okupansi sudah mencapai 90% untuk kereta api yang bertolak dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

“Dari data pemesanan tiket untuk masa angkutan pra Lebaran, mayoritas pemesanan dilakukan untuk jadwal keberangkatan tanggal 5 sampai dengan 9 April,” ujar Ixfan seperti dikutip Sabtu (24/2). 

Menurut Ixfan untuk keberangkatan 8 hari pra Lebaran yaitu 31 Maret sampai 8 April tempat yang tersedia sekitar 400 ribu. Dari jumlah itu sekitar 62 ribu tiket sudah terjual. Pemesanan tiket dan ketersediaan tempat duduk masih dapat berubah mengingat penjualan masih berlangsung dan masih ada program KA tambahan yang akan dijalankan.

Ixfan memaparkan sejumlah tujuan favorit untuk kereta api yang berangkat dari area Daop 1 Jakarta, yakni Yogyakarta, Kutoarjo, Purwokerto, Surabaya Pasar Turi, Semarang, Tegal, Kebumen, dan Kroya. Secara keseluruhan, kata dia, ketersediaan tempat duduk untuk pemberangkatan pra lebaran, yakni tanggal 31 Maret–9 April masih cukup tersedia.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...