Daftar Politikus Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta Pilkada 2024

Nadhira Shafa
27 Februari 2024, 11:31
Daftar Politikus Masuk Bursa Cagub DKI Jakarta Pilkada 2024
Menko Perekonomian
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merekomendasikan mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ketua DPD Golkar DKI Jakarta Ahmed Zaki Iskandar untuk maju sebagai calon Gubernur Jakarta.
Button AI Summarize

Seiring dengan semakin dekatnya Pilkada DKI Jakarta 2024, bursa calon gubernur (cagub) mulai memanas. Sejumlah politisi dari berbagai partai politik mulai menunjukkan minat untuk memimpin ibukota negara ini.

Nama politikus yang sudah mencuat antara lain Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar dari Golkar serta Ahmad Sahroni dari NasDem. Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto Mengatakan Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki Iskandar memang sudah diberi mandat untuk ikut Pilkada 2024.

Bahkan restu sudah diberikan Partai Golkar kepada mereka sebelum pemungutan suara Pemilu 2024 pada 14 Februari lalu. “Dua-duanya diberi surat oleh Golkar sebelum pemilu untuk ikut Pilkada," ujar Airlangga di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (26/2).

Menurut Airlangga, partainya akan memilih calon gubernur DKI Jakarta berdasarkan popularitas dan elektabilitas tertinggi. Ia menambahkan bahwa survei terakhir akan menjadi tolok ukur.

"Tentu keputusan tergantung survei terakhir," ucap Airlangga. Namun, dia menegaskan pemilihan Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki masih belum final. Partai Golkar masih akan memutuskannya dalam forum khusus ke depannya. 

Mantan Bupati Kabupaten Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar sudah mengatakan siap bertarung di Pilkada DKI Jakarta 2024. "Sementara memang mandat dari Partai Golkar untuk sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta sudah diterima. Dan selebihnya saya serahkan kepada DPP Partai Golkar," ujar Zaki dalam wawancara dengan Kompas.com pada Rabu (21/2). 

Sementara mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjadi sorotan usai tersebar balihonya di Jakarta. Baliho tersebut viral dan menjadi perbincangan publik. “OTW Jakarta nihhh,” kutip tulisan dalam baliho Ridwan Kamil. 

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...