Pembukaan CPNS Dimulai April, Mulai Dikirim ke IKN September 2024

Amelia Yesidora
27 Februari 2024, 14:00
ikn, cpns, asn
ANTARA FOTO/ Rivan Awal Lingga/rwa.
Suasana pembangunan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN), Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Senin (12/2/2024).
Button AI Summarize

Pemerintah bakal membuka pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil atau CPNS pada April 2024. Jadwal ini mundur dari rencana sebelumnya yakni Maret 2024.

 Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara-Reformasi Birokrasi Azwar Annas mengatakan kini pemerintah tengah memverifikasi antara usulan kebutuhan tenaga kerja dengan arahan Presiden. Azwar mengatakan saat ini ada lebih banyak usulan formasi daripada jumlah formasi yang disiapkan.

“Jadi kurang lebih (butuh) total 225 ribu untuk fresh graduate di pemerintah pusat. Nah, untuk fresh graduate di pemerintah pusat ini peruntukannya adalah di IKN,” kata Azwar di Istana Negara, Senin (26/2).

Ia menjelaskan saat pembukaan CPNS akan dialokasikan untuk relokasi ke Ibu Kota Nusantara. Oleh sebab itu, CPNS terpilih bakal langsung pindah ketika diminta pemerintah, apakah itu setahun hingga tiga tahun ke depan.

Terkait persiapan pemindahan, Azwar merinci sudah ada sekitar 6.000-an dari 9.000 tempat tinggal yang disiapkan oleh Kementerian PUPR di IKN. Rencana awalnya, ASN akan berangkat ke IKN pada Juli 2024, namun arahan dari Menteri Sekretaris Negara menyebut keberangkatan bakal berlangsung sebelum Oktober.

“Kira-kira di September, karena pada Agustus masih akan digunakan untuk upacara sehingga apartemen dipakai. Tapi sebelum Agustus tentu Otorita IKN sudah ada di sana,” ujarnya.

Untuk kloter pertama pemindahan antara Juli-Agustus 2024 mendatang, kementerian mengusulkan kemungkinan adanya insentif berupa tunjangan pionir. Ini karena pada tahap awal pemindahan IKN belum tersedia infrastruktur yang memadai untuk kebutuhan pokok selengkap di Jakarta.

Secara total, pemerintah menyiapkan 225 ribu lowongan CPNS untuk lulusan baru atau "fresh graduate" yang siap bekerja di Ibu Kota Nusantara. Sebanyak 225.000 formasi untuk lulusan baru di IKN tersebut merupakan bagian dari total alokasi 2,3 juta formasi untuk seleksi CASN 2024.

Formasi tersebut dibuka untuk dosen, guru, tenaga kesehatan, tenaga teknis termasuk di dalamnya talenta digital guna mengikuti seleksi CASN 2024.


Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...