Daftar Caleg Potensi Lolos Dapil Jakarta 2, Ada HNW, Uya Kuya dan Once

Ade Rosman
29 Februari 2024, 15:14
Selebritas yang juga bakal calon legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) Surya Utama alias Uya Kuya (kanan) berswafoto dengan kader partai lainnya usai pengajuan berkas bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (12/5/2023).
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Selebritas yang juga bakal calon legislatif Partai Amanat Nasional (PAN) Surya Utama alias Uya Kuya (kanan) berswafoto dengan kader partai lainnya usai pengajuan berkas bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (12/5/2023).
Button AI Summarize

Daerah pemilihan atau dapil Jakarta 2 merupakan salah satu 'dapil neraka' di Pemilu 2024. Sejumlah pesohor menjadi calon legislatif atau caleg  berebut kursi DPR RI di wilayah yang melingkupi Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri tersebut.

Dapil neraka merujuk pada beberapa daerah pemilihan dengan persaingan yang sangat ketat di Pemilu Legislatif. Di wilayah ini, persaingan ketat antara para caleg yang punya nama-nama 'besar' atau popularitas tinggi, seperti selebritis, serta tokoh politik senior atau kawakan.

Dapil Jakarta 2 ini diikuti sejumlah tokoh politik senior seperti Hidayat Nur Wahid, Masinton Pasaribu, dan Ida Fauziah. Mereka bersaing dengan beberapa nama tenar yang baru masuk blantika politik Indonesia, seperti Surya Utama atau Uya Kuya, mantan vokalis Dewa 19 Elfonda Mekel atau Once, serta Liliana Tanaja Tanoesoedibjo.

Para tokoh ini merebutkan tujuh kursi di parlemen. Mereka yang akan lolos merupakan pemilik suara terbanyak hingga urutan tujuh dari partai politik yang memenuhi syarat ambang batas parlemen atau mengumpulkan suara nasional minimal empat persen.

Kandidat Caleg Potensial Lolos dari Dapil Jakarta 2

Berikut perolehan suara di Dapil Jakarta 2 dari beragam partai politik. Perhitungan suara ini berdasarkan data Komisi Pemilihan Umum teranyar yang perkembangannya terakhir pada Kamis (29/2) pukul 14.00 WIB, telah terkumpul suara 5.903 dari 9.844 TPS atau sekitar 59.97%.

1. Hidayat Nur Wahid

Wakil Ketua MPR sekaligus politikus Partai Keadilan Sosial (PKS) Hidayat Nur Wahid (HNW) menjadi caleg dengan suara terbanyak di dapil DKI Jakarta 2. Dari hasil real qount sementara KPU, HNW mengantongi 86.473 suara.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...