Beri Gelar Jenderal Kehormatan, Jokowi Ingin Kunci Loyalitas Prabowo?

Muhamad Fajar Riyandanu
29 Februari 2024, 20:26
jokowi, prabowo,
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) menyematkan pangkat Jenderal TNI Kehormatan kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto (tengah) disaksikan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI dan Polri Tahun 2024 di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (28/2/2024).
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo telah menyematkan gelar Jenderal Kehormatan bagi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Meski demikian, langkah Jokowi tersebut dinilai mengandung unsur motif politik.

Peneliti politik dari Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Siti Zuhro, menyebut kedua figur nasional itu sedang memperagakan praktik hubungan politik yang saling menguntungkan untuk mencapai tujuan bersama alias symbiotic politics.

Zuhro melihat adanya potensi manfaat politik yang akan diterima oleh Jokowi usai dirinya tak lagi menjabat sebagai presiden. Apalagi, Jokowi bukanlah ketua umum partai politik.

"Berbeda dengan presiden terdahulu seperti SBY maupun Megawati. Lalu Jokowi sudah merekrut anaknya menjadi calon wakil presiden, tapi itu belum cukup," kata Zuhro saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Kamis (29/2).

Zuhro menjelaskan penganugerahan pangkat Jenderal Kehormatan juga dilihat sebagai upaya untuk mengunci komitmen loyalitas Prabowo kepada Jokowi. "Mungkin ada upaya untuk menanam modal kepada Prabowo ketika nanti jadi presiden, agar memberikan peran strategis kepada Jokowi," ujarnya.

Penyematan pangkat jenderal kehormatan dapat dilihat sebagai upaya pemulihan nama baik bagi Prabowo dari isu Hak Asasi Manusia (HAM) di masa lalu. "Calon presiden dan jenderal TNI yang ingin menghapus stigma sebagai jenderal yang melanggar HAM," kata Zuhro.

Siti Zuhro juga melihat status jenderal kehormatan yang kini menempel di pundak Prabowo dapat memperkuat konsolidasi dukungan pensiunan perwira TNI kepada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...