Mudik Gratis Kemenhub 2024 Via Darat, Laut dan Kereta, Cek Jadwalnya!

Nadhira Shafa
1 Maret 2024, 11:21
Pemudik membawa barang bawaannya menuju Kapal KM Gunung Dempo di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (15/4/2023). PT Pelni (Persero) telah menjual tiket arus mudik Lebaran sebanyak 134.216 atau 59,91 persen dari proyeksi 224.043 penumpang pad
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Pemudik membawa barang bawaannya menuju Kapal KM Gunung Dempo di Terminal Penumpang Tanjung Priok, Jakarta, Sabtu (15/4/2023). PT Pelni (Persero) telah menjual tiket arus mudik Lebaran sebanyak 134.216 atau 59,91 persen dari proyeksi 224.043 penumpang pada periode 7 hingga 21 April 2023.
Button AI Summarize

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menyelenggarakan program mudik gratis untuk lebaran Idulfitri 2024. Program ini bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan masyarakat yang ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

“Kami mengajak masyarakat bergabung dalam program mudik gratis yang diselenggarakan Kementerian Perhubungan. Selain penumpang, sepeda motornya juga akan kami angkut secara gratis, sehingga bisa digunakan untuk bermobilitas di tempat tujuan,” kata Juru Bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati, seperti dilansir dari situs Kemenhub, Kamis (29/2).

Adita mengimbau masyarakat agar tidak mudik menggunakan sepeda motor karena potensi bahaya kecelakaannya sangat tinggi. Ia berharap masyarakat dapat menggunakan transportasi umum atau memanfaatkan program mudik gratis.

“Kami tidak bosan-bosannya juga mengimbau masyarakat agar seyogyanya tidak melakukan perjalanan jauh menggunakan sepeda motor karena berpotensi tinggi terjadi kecelakaan. Kami berharap masyarakat mudik menggunakan angkutan umum atau memanfaatkan program mudik gratis ini,” sebut Adita.

Jadwal Mudik Gratis Kemenhub 2024

Program mudik gratis Kemenhub 2024 tersedia melalui jalur darat, laut, serta kereta api, yang digelar di beberapa titik simpul transportasi. Simak penjelasannya di bawah ini:

Jalur Darat

Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar program 'Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk'. Pada arus mudik dan balik, tersedia 722 unit bus untuk 30.088 penumpang dan 30 unit truk untuk 900 unit sepeda motor.

Ini jadwal pendaftaran beserta tanggal arus mudik dan arus balik:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...