Suara PDIP dan Golkar Tertukar di Korea Selatan

Safrezi Fitra
2 Maret 2024, 09:16
Suara PDIP dan Golkar Tertukar di Korea Selatan
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/aww.
Jurnalis foto memotret rapat pleno rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 tingkat nasional di Kantor KPU.
Button AI Summarize

Hasil perolehan suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan Partai Golkar tertukar dalam rekapitulasi penghitungan suara di wilayah kerja Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Seoul, Korea Selatan. Hal ini terungkap saat Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Perolehan Suara Luar Negeri di Tingkat Nasional hari ketiga di Kantor KPU RI, Jakarta, Jumat (1/3).

Awalnya, saksi dari PDIP Harli Muin mengaku mendapati kejanggalan. Dia melihat ada perbedaan perolehan suara partainya itu di Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap) dengan Formulir C.Hasil Plano di TPS 016 Seoul.

"Pertanyaan saya kenapa salah-salah begini? Apakah ini Sirekap atau sengaja salah? Ini tidak sesuai ditulis kenapa, apa karena Sirekap atau Anda sengaja salah menuliskan? Atau memang diubah?" kata Harli.

Harli menyoroti suara PDIP yang seharusnya ditulis 4 suara justru ditulis 2 suara, ada juga yang harusnya 21 suara tapi ditulis menjadi 9 suara. Para pihak pun kembali mencermati perolehan suara PDIP, partai dengan nomor urut 3 itu. Formulir C.Hasil Plano dari TPS 016 yang diunggah dalam Sirekap pun ditampilkan saat rapat.

Ketua PPLN Seoul Rinda mengakui terdapat kesalahan setelah melakukan sejumlah pemeriksaan terhadap formulir-formulir yang ada. Dia mengatakan suara PDIP tertukar dengan Golkar.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...