Jokowi Akan Hadiri KTT ASEAN-Australia, Siap Angkat Isu Palestina

Muhamad Fajar Riyandanu
4 Maret 2024, 11:29
jokowi, australia, palestina
Katadata
Presiden Joko Widodo di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Senin (4/3). Foto: M Fajar Riyandanu.
Button AI Summarize

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Melbourne, Australia untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) sekaligus peringatan 50 tahun hubungan ASEAN-Australia. Jokowi bersama rombongan terbatas berangkat dari Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur pada Senin (4/3), siang.

Sebelum menaiki pesawat kepresidenan, Jokowi mengatakan dirinya akan berada di Australia hingga Rabu (6/4). Di sana, Jokowi akan membawa misi soal kerja sama penguatan integrasi ekonomi, transisi energi, dan transformasi digital.

"Serta kemajuan paradigma kolaborasi dan penghormatan hukum internasional secara konsisten, termasuk dalam isu Palestina," kata Jokowi.

Selain menghadiri KTT Asean Australia, Jokowi juga berencana untuk menghadiri pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri (PM) Australia Anthony Albanese, PM Selandia Baru Christopher Luxon dan PM Kamboja Hun Manet.

Jokowi mengatakan, pertemuan bilateral dengan tiga pimpinan negara itu menyasar pada pengembangan kendaraan listrik dan transformasi digital. "Pemerintah akan dorong agar kerja sama ini terjadi dan dilaksanakan secepatnya. Juga yang berkaitan dengan transformasi digital." ujar Jokowi.

Australia sebelumnya mengucurkan komitmen pendanaan senilai US$ 95,4 juta atau sekira Rp 1,4 triliun untuk mendukung tiga inisiatif kerja sama dengan ASEAN. Tiga inisiatif tersebut seluruhnya mengacu pada kegiatan kerja sama bisnis dan perdagangan.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...