MK Ajukan Duplik ke PTUN, Bantah Gugatan Anwar Usman

Ameidyo Daud Nasution
7 Maret 2024, 14:55
anwar usman, mk, ptun
ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/Spt.
Hakim Konstitusi Anwar Usman melambaikan tangannya kepada awak media usai memberikan keterangan pers di Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu (8/11/2023).. Anwar Usman menyatakan dirinya pantang menyerah sebagai Hakim Konstitusi usai statusnya diberhentikan dari Ketua MK oleh Majelis Kehormatan MK (MKMK) Jimly Asshiddiqie.
Button AI Summarize

Mahkamah Konstitusi membantah gugatan yang diajukan Anwar Usman ke Pengadilan Tata Usaha Negara Jakarta. Bantahan tersebut diajukan lewat duplik dalam sidang lajutan di PTUN Jakarta.

Duplik adalah tanggapan pihak tergugat atas replik yang diajukan penggugat. "Yang jelas membantah dalil-dalil gugatan penggugat," kata Suhartoyo dalam keterangannya, Kamis (7/3) dikutip dari Antara.

Suhartoyo juga mengatakan objek gugatan Anwar bukan termasuk objek peradilan TUN. Ini karena putusan yang digugat beririsan dengan lembaga etik.

"Bukan produk badan tata usaha negara," katanya.

Sebelumnya, Anwar Usman mengajukan gugatan kepada Ketua MK Suhartoyo. Dalam gugatan nomor kop 604 itu, Anwar Usman memohon agar pengangkatan Ketua MK masa jabaran 2023-2028 ditunda.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...